image_pdf

Malang. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pementasan karawitan sebagai bentuk praktek dari mata kuliah peminatan bahasa Jawa yang diampu oleh Dr. Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum. Kegiatan digelar pada hari Kamis (25/03) dan diselenggarakan secara luring di Ruang Lab. Drama FS UM.

Acara berlangsung khidmat dengan penampilan dari tiga kelompok karawitan dengan tiga laras, yaitu Slendro, Pelog, dan Banyuwangen. Secara bergantian ketiga kelompok tersebut menampilkan karawitan dengan ciri khas masing-masing. 

Pada wawancara bersama Dr. Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum., selaku penanggung jawab acara, disamaikan bahwa pementasan ini diadakan untuk memperkenalkan budaya Jawa dan mempertahankan eksistensi budaya Jawa. “Pementasan ini diadakan biar mahasiswa tidak hanya mendapat pegetahuan secara teoritis saja, sekaligus juga untuk mempertahankan eksistensi budaya Jawa. Secara filosofi, pementasan karawitan ditujukan untuk melatih konsentrasi juga untuk menumbuhkan rasa gotong royong. Rasa gotong royong dalam karawitan didapatkan melalui penyelarasan dari instrument-instrument karawitan.Untuk ke depannya pementasan ini akan diadakan setiap tahun dan diunggah pada channel youtube Fakultas Sastra,” paparnya. 

Pewarta : Internship Humas

Editor : Nike V. Yuarko