image_pdf
Pengambilan sumpah jabatan

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebagai acara upacara peresmian pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dilaksanakan secara langsung di Aula Graha Rektorat lt 9 dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat dan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, pada Kamis (22/04). Acara ini dihadiri oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., beserta Para Wakil Rektor, Para Dekan dari tiap fakultas, Rohaniawan dan 13 orang perkawilan PNS dari 113 PNS yang diambil sumpahnya.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan sumpah yang dipimpin langsung oleh Rektor UM. “Apakah saudara bersedia disumpah janji PNS pada pagi hari ini ? Sumpah ini merupakan tanggungjawab anda terhadap Indonesia, Pancasila, UUD 1945 serta kesejahteraan rakyat. Selain itu pengambilan sumpah ini tidak hanya disaksikan oleh diri sendiri, melainkan disaksikan pula oleh orang lain dan yang pasti akan disaksikan oleh oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang mengetahui apa yang tampak dan apa yang tersembunyi,” ucap Prof. Rofi` sebelum membacakan teks sumpah untuk memantapkan hati para PNS.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd.saat memberikan sambutan

Acara pengambilan sumpah janji PNS UM ini berjalan dengan sangat khidmat dengan didampingi oleh Rohaniawan sesuai dengan kepercayaan tiap-tiap PNS. Acara ini merupakan salah satu momentum penting pada perjalan seorang PNS yang memang dari awal memiliki keinginan untuk mengabdikan diri pada profesi tersebut. Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., berpesan agar para PNS mematuhi semua peraturan yang sudah disepakati dalan Undang-Undang.

“Bagi semua bapak ibu yang telah disumpah hari ini saya harap bisa mematuhi semua peraturan yang ada di Undang-Undang sebagai hukum positif yang ada di Negara kita. Jangan sampai melaukan hal-hal yang melanggar aturan dengan alasan tidak tahu,” ungkapnya.

Para PNS berfoto bersama setelah acara

Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd., dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para PNS yang telah selesai diambil sumpahnya oleh Rektor, Wakil Rektor dan Rohaniawan serta penandatangan berita acara dan foto bersama pengambilan sumpah janji PNS UM sebagai dokumentasi kegiatan.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Intership Humas UM (Mahasiswa Sastra Arab UM)