image_pdf

Malang. Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Universitas Negeri malang (UM) memberikan Pengarahan dan pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagai dosen UM pada Senin (24/06). Acara yang dilaksanakan di ruang sidang senat, Graha Rektorat tersebut dibuka oleh Rektor UM dan diikuti oleh 118 dosen CPNS yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi penerimaan CPNS tahun 2019. Materi mengenai ke-ASN-an, hak dan kewajiban CPNS dan pengembangan karir dosen disampaikan oleh tiga pemateri yaitu Wakil Rektor II UM, kepala Biro Umum dan Keuangan, dan ketua Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen.

Prof. Dr. H. Ah. Rofi’uddin, M.Pd. selaku Rektor UM menyampaikan sambutannya sebelum membuka acara tersebut. Ia menyampaikan beberapa point penting yang harus diperhatikan saat sudah mulai bekerja sebagai dosen CPNS UM. “Mengenai kewajiban-kewajiban yang dibebankan kepada dosen CPNS, haruslah dilaksanakan sebaik mungkin. Pelanggaran terhadap pemenuhan kewajiban akan dikenakan sanksi yang telah ditentukan. Selain itu, moralitas dan integritas juga sebaiknya diaplikasikan di kegiatan bekerja sehari-hari,” jelasnya.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) CPNS secara simbolis dilaksanakan setelah sambutan rektor. Perwakilan dari dosen dengan ijazah S3 adalah Dr. Made Duananda Kartika Degeng, S.Pd., M.Pd. (Fakultas Ilmu Pendidikan). Sedangkan perwakilan dari dosen dengan ijazah S2 adalah Erwin Komara Mindarta, S.Pd., M.Pd., (Fakultas Teknik) dan Elya Kurniawati, S.TP., S.E., M.M (Fakultas Ilmu Sosial). Penyerahan SK tersebut diserahkan oleh Rektor UM.

Selanjutnya, penyampaian materi mengenai manajemen ASN disampaikan oleh WR II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. “Aparatur Sipil Negara terdiri dari Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Sedangkan kita, dosen UM termasuk dalam PNS,” jelasnya saat membuka materi tersebut.

Penghujung acara, peserta dipanggil satu persatu untuk melakukan pemberkasan pembukaan rekening Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Kartu Permohonan Penambahan Penghasilan (KP4) dan data kepegawaian.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM