image_pdf

Malang. Rektor Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan rapat koordinasi dengan pengurus ormawa pada Rabu, (10/4). Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB di ruang sidang senat Lt. 9 Graha Rektorat. Turut hadir Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. selaku Rektor, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si Wakil Rektor I, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. Wakil Rektor II, Dr. Mu’arifin, M.Pd Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd Wakil Rektor IV, para Wakil Dekan (WD) III bagian kemahasiswaan fakultas dan pengurus ormawa disetiap fakultas.

Sambutan yang disampaikan Rektor UM bahwa mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan memiliki kecakapan dalam berorganisasi. “Aktivitas organisasi maupun bakat minat di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menjadi bekal ketika sudah lulus. Kecakapan-kecakapan mahasiswa menjadi hal yang sangat penting dan menjadi salah satu tolok ukur Perguruan Tinggi. Pengurus Ormawa merupakan mahasiswa terpilih terbaik, oleh karena itu diharapkan kontribusi terhadap lembaga salah satunya melalui prestasi,”tuturnya.

UM berada di klaster 1 Perguruan Tinggi dengan urutan ke 14 tingkat Nasional. Salah satu penilaian PT yaitu dari prestasi mahasiswa dalam bidang seni, olahraga, dan bakat minat. Rektor UM mengungkapkan harapannya agar UM meningkatkan kualitas Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam ajang Pimnas 2019. “Prestasi bidang olahraga dan seni diharapkan dapat mendapat juara tingkat Nasional dan Internasional. Kerja keras harus terus dilakukan untuk mencapai target-target Perguruan Tinggi, baik oleh dosen pembimbing, mahasiswa dan tenaga pendidik yang harapannya dapat sinergis. Pengurus Ormawa diharapkan dapat menyampaikan kepada mahasiswa lain agar terus meningkatkan prestasi di berbagai bidang bakat dan minat masing-masing. Dengan meningkatkan prestasi mahasiswa di berbagai bidang, maka dapat meningkatkan rangking UM dalam klasterisasi PT tingkat Nasional.” terangnya.

Dari pertemuan tersebut, setiap mahasiswa perwakilan dari ormawa mengajukan pertanyaan terkait permasalahan yang dihadapi, kemudian hal tersebut mendapat tanggapan dari Rektor dan jajarannya “Apabila bidikmisi ada yang tidak tepat sasaran, mohon dilaporkan karena sudah tertera pada kontrak. Salah satu upaya agar tepat sasaran, UM mengajak mahasiswa untuk melakukan verifikasi. Sarana dan prasarana di UKM akan dicek terlebih dahulu dan akan difasilitasi. Untuk dana dimohon mahasiswa dapat memahami cara mempertanggungjawabkan dana yang dipergunakan. Mahasiswa harap melaporkan prestasi kepada WD III di masing-masing Fakultas, dan WD III harap menyerahkan laporan ke subbag Sistem Informasi dan MPIKA agar prestasi tersebut dapat dientri di Universitas dan Ristekbelmawa.” terangnya.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM