image_pdf

Malang. Salah satu upaya meningkatkan mutu jurnal ilmiah dikalangan perguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar seminar lokakarya nasional pengelolaan jurnal ilmiah ke 45. Upaya tersebut sejalan dengan tema yang diusung dalam kegiatan yakni “Meningkatkan Reputasi E-Jurnal melalui Peningkatan Kualitas Penyuntingan Artikel” yang berlangsung di hotel Artia, Malang. Semnasloka tahun ini diikuti oleh 39 para penyunting dan calon penyunting jurnal ilmiah dari PTN, PTS dan lembaga lainnya di seluruh Indonesia yang berlangsung selama empat hari 29 Oktober-1 November.

Kegiatan semnasloka berupaya meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola dan menyunting jurnal ilmiah. Untuk menunjang hal itu LP2M akan memberikan materi terkait pemanfaatan IT untuk publikasi ilmiah; kebijakan dan kode etik publikasi ilmiah RI; menyunting judul menarik dan abstrak yang utuh; memunculkan kebaruan pada pendahuluan; memoles sajian hasil; pembahasan dan simpulan; deskripsi; tabel dan grafik; menggunakan aplikasi manajemen referensi; menyusun rubrik dan ulasan artikel berbasis OJS; menjaring reviewer; dan editor handal menyusun ulang metode penelitian ynag detail dan sistematis, serta klinik pengelolaan jurnal.

Prof. Dr. AH. Rofiuddin, M.Pd. selaku rektor UM mengungkapkan bahwa pengelola dan penyunting jurnal dapat meningkatkan mutu jurnalnya menurut rambu-rambu akreditasi yang berlaku seperti yang dikatakan. “Ristekdikti memberikan perhatian khusus terkait pembuatan jurnal. Adanya kegiatan semnasloka ke-45 ini sudah mendapatkan alumni sebnanyak 6.088 orang dari berbagai lembaga perguruan tinggi di Indonesia. Dirasa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk sharing bertukar pengalaman dan berbagi ilmu antar sesama penyusun jurnal.  Harapannya jurnal yang di sunting bisa masuk dalam sinta maupun terindeks internasional sehingga menambah jumlah jurnal yang lebih baik lagi. Hal tersebut sekaligus sebagai wadah untuk karya dosen-dosen.” Tuturnya saat memberi sambutan.

Kegiatan semnasloka berlangsung lancar dalam mekanisme berlangsungnya acara menggunakan pendekatan yang menuntut keaktifan peserta melalui tanya jawab, latihan dan dialog kegiatan klinik jurnal.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Hayu Erinda – Internship Humas UM