image_pdf

Malang. Kunjungan mendadak dari mantan Menteri Bidang Kesejahteraan Rakyat, Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D di Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (02/07) disambut hangat oleh Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. Kehadiran Haryono Suyono memang sudah diharapkan oleh Wakil Rektor IV UM, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd untuk melakukan penjajakan kerjasama dengannya bersama ketua Tim Pengembang Kerjasama UM, Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd.

Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D menjelaskan mengenai pengembangan PAUD di Indonesia.

“Pemerintah memberikan dana desa untuk pengembangan PAUD itu sekitar 1.5 M. Bangunannya banyak yang sudah ada, tapi sumber daya manusianya yang tidak memadai. Barangkali mahasiswa dari UM bisa menyalurkan bantuannya untuk menghidupkan dan memajukan PAUD di desa. Apalagi UM memiliki prodi Pendidikan Guru PAUD bukan?” ujarnya.

Ia menceritakan PAUD miliknya yang diolah oleh SDM berkualitas, sehingga bisa menjadi PAUD terbaik di Pacitan. Namun tidak semua PAUD di desa terawat dengan baik, mungkin gurunya tidak terlalu mumpuni di bidangnya, sehingga tidak ada inovasi maupun perbaikan lebih lanjut. Untuk itulah, bantuan mahasiswa UM untuk mengelolanya atau mengedukasi guru PAUD disana sangat dibutuhkan agar bantuan dari pemerintah bisa dimanfaatkan dengan baik.

Ir. Syaad Patmanthara yang saat itu mewakili WR IV UM menyambut baik idenya, Ia menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa UM bisa menjadi solusinya. 

“Melalui kerjasama ini, diharapkan UM akan dapat mengisi kekosongan-kekosongan guru PAUD di desa untuk kebaikan bersama. Ini juga bisa menjadi ajang latihan khususnya bagi mahasiswa prodi PGPAUD untuk menyalurkan ilmunya,” Ujar Syaad Patmanthara.

Pewarta : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM