image_pdf

Malang.Mata Garuda Jawa Timur menyelenggarakan “Seminar Mitigasi Bencana Lahirkan Generasi Radar Bencana” di  Aula Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang ( FIS UM). Seminar mitigasi bencana di selenggarakan pada (17/2) karena adanya kesadaran komunitas penerima Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) atau yang biasa disebut dengan Mata Garuda akan pentingnya melahirkan generasi radar bencana dengan pemateri Dr. Amien Widodo, M. Si. selaku ketua pusat studi kebumian iklim ITS 2012-2016 serta Ir. Indra Gita, MM., selaku kepala seksi pencegahan/ bidang PK BPBD Kota Malang.

Seminar ini di hadiri 8 Universitas Negeri di Jawa Timur yang menjadi anggota Mata Garuda yaitu UM, Universitas Brawijaya (UB), UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Univeraitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Jember (UNEJ), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

“Bencana alam sudah ada sebelum kita ada dan terjadi karena dinamika alam itu sendiri,tugas kita untuk belajar berbuat baik kepada alam”ujar amien widodo. Jika kita mengenal bencana maka kita bisa selamat serta dapat menyelamatkan orang lain maka sangatlah penting bagi semua orang untuk sadar bencana,” lanjutnya.

Acara pada hari itu dilanjutkan dengan sharing sesion dengan para lurah LPDP yang memberikan tips bagaimana cara dan tips lolos LPDP. Lurah LPDP Jawa Timur menerangkan pentingnya mempersiapkan persyaratan dan mental selagi duduk di semester muda agar siap apabila nantinya lulus. Dengan seperti itu peluang seseorang yang mempersiapkan terlebih dahulu akan lebih besar dibandingkan dengan temannya yang asal-asalan. Tentunya disertai dengan doa kepada tuhan yang Maha Esa akan mempermudahnya.

Pewarta           : Adinda Nur Melati – Internship HumasUM

Fotografer       : Muhammad Helmi L – Internship HumasUM