image_pdf

Malang- Seminar Nasional Sejarah 2019 dengan tema “Pembelajaran Sejarah Berbasis Kehidupan untuk Generasi Z” disegelnggarakan oleh Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM), (30/4/2019) di Aula Ki Hadjar Dewantara Gd. I1 lt. 7, FIS UM. Ratusan peserta dari berbagai provinsi sudah memadati aula sejak pagi. Setelah sambutan dan pembukaan oleh Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, acara selanjutnya adalah peyerahan cinderamata kepada para pemateri.

Najib Jauhari , S.Pd, M.Hum (Dosen Sejarah UM) selaku moderator memimpin jalannya diskusi dengan serius tapi santai. Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum (Sejarawan dari Universitas Padjadjaran) menyampaikan makalahnya yang berjudul Sejarah Visual sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Prof. Reiza menekankan pentingnya pembelajaran berbasis visual untuk meningkatkan minat pembelajaran sejarah.

Narasumber selanjutnya, Dr. Abdul Syukur, M.Pd (Sejarawan dari Universitas Negeri Jakarta sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Seluruh Indonesia) menyampaikan makalahnya yang berjudul Identitas Kebangsaan dalam Pendidikan Sejarah di Era Internet. Pembelajaran sejarah yang kontekstual bisa memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk menumbuhkan kesadaran sejarah pada generasi milenial karena perbedaan pemahaman sejarah dengan generasi sebelumnya. Hal ini perlu disatukan dalam konsep kesadaran sejarah berlandaskan kemanusiaan yang berorientasi pada nila-nilai persatuan bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam ideologi Pancasila untuk memperkuat identitas kebangsaan  

Setelah sesi tanya jawab, acara selanjutnya adalah panel-panel diskusi para pemakalah yang dibagi menjadi tiga kelas berdasarkan tema makalah. Para akademisi, guru dan mahasiswa Sejarah dari Surakarta, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Barat, Jember, Banyuwangi & Sidoarjo sudah mempersiapkan makalah terbaiknya untuk dipresentasikan dan didiskusikan bersama. 

Pewarta:  Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim

Dosen Sejarah Universitas Negeri Malang (UM)