image_pdf
Penjelasan materi oleh Brigjen Dr. Nugraha Gumila, M.Sc

Malang. Sabtu, 06 Maret 2021 telah diadakan seminar untuk Ormawa FMIPA UM mengenai wawasan kebangsaan dalam konteks bela negara dan cinta tanah air melalui pendidikan karakter. Seminar ini ditujukan langsung pada generasi muda FMIPA UM agar lebih mengerti bagaimana pentingnya pendidikan karakter untuk kehidupan bangsa Indonesia.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini berjalan dengan lancar. Peserta yang hadir kurang lebih ada 350 mahasiswa yang sebagian besar berasal dari Ormawa FMIPA UM. Mereka sangat antusias dan mengikuti segala rangkaian acara dengan tertib. Materi pada seminar ini disampaikan oleh Brigjen Dr. Nugraha Gumila, M.Sc. selaku Danpoltekad Kodiklatad.

Topik pembahasan seminar Ormawa FMIPA UM

Dalam materinya beliau menegaskan bahwa negara Indonesia sekarang sedang mengalami krisis karakter yang begitu hebat. Ideologi sosial politik, budaya, agama, hingga ekonomi pun telah di acak-acak. Contohnya saja dengan maraknya perang antar agama, perang antar suku, pengguna obat-obatan, korupsi, bahkan media sosial yang begitu mengerikan. Penggunaan media sosial yang negatif dapat dikatakan sebagai penyakit mental yang bisa melemahkan karakter generasi muda jika terus dibiarkan. “Mahasiswa jangan sampai mudah  terpancing dan mau di adu domba dengan hal-hal seperti itu.” ucap Dr. Nugraha Gumila, M.Sc.

Generasi muda di Indonesia sekarang begitu krisis.  Mereka yang masih menduduki usia yang tergolong muda sudah banyak yang terjerumus dalam narkoba. “Lalu siapa yang akan memimpin negeri ini jika generasi muda seperti itu? Akhirnya kebanyakan pemimpin di Indonesia berasal dari negera lain” kata Brigjen Dr. Nugraha Gumila, M.Sc dengan nada bicara yang sedikit meninggi.

Sesi tanya jawab seminar Ormawa FMIPA UM

Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus menekankan pendidikan karakter yang kuat. Tonggakkan pancasila dalam setiap kegiatan dan perbuatan agar kita tidak terjerumus dalam hal-hal yang keliru. Menurut Brigjen Dr. Nugraha Gumila, M.Sc., kunci dari bela negara dan cinta tanah air adalah pendidikan karakter. Dengan menumbuhkan wawasan kebangsaan yang utuh nantinya akan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan menimbukan rasa banggsa sehingga siap membela negara dari segala ancaman baik dari dalam maupun luar.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM