image_pdf
Wakil Rektor III UM, Menutup kegiatan Seleksi Tilawatil Qur`an (STQ) UM, Kamis 29 April 2021

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Qur`an Study Club (ASC) sukses melaksanakan Seleksi Tilawatil Qur`an (STQ) 2021 secara virtual melalui platform Zoom Meeting selama 3 hari, yakni mulai tanggal 26-29 April 2021. Acara ini diikuti oleh 150 peserta dari 16 cabang Musabaqah.

Acara STQ ditutup pada Kamis (29/04) dengan pengumuman nama-nama calon kafilah Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) UM dan disertai dengan acara peringatan Nuzulul Qur`an. Acara diawali dengan sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan Lailatul Qira’ah oleh para mahasiswa UM, dilanjutkan dengan Mauidhoh Hasanah tentang Nuzulul Qur’an, dan diakhiri dengan pembacaan keputusan dewan hakim tentang calon Kafilah MTQ UM.

Dalam sambutannya Dr. Mu’arifin, M.Pd. mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya mensukseskan kegiatan ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi, dan telah meluangkan waktunya untuk menyelenggarakan acara ini. Terutama panitia dari UKM ASC, dewan juri, dewan hakim, dan para pembimbing. Semoga jerih payah kalian dibalas oleh Allah serta dalam rangka mempersiapkan kafilah UM untuk MTQ MN Ke-17 agar kita bisa menyampaikan salam 5 jari” ungkapnya.

Dosen FIK UM ini juga menyampaikan salam dari Rektor UM bagi seluruh peserta seleksi. “Selamat dan tetap semangat kepada seluruh peserta yang sudah terpilih menjadi kafilah UM. Namun jangan langsung berpuas hati, karena stq hanya langkah awal untuk menuju MTQMN” ungkapnya.

Dalam tausiahnya Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I mengungkapkan bahwa Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa karena ada 2 peristiwa besar yang terjadi didalamnya dan keduanya berhubungan dengan al-Qur`an, yakni Lailatul Qadr dan Nuzulul Qur`an.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dewan hakim tentang hasil STQ 2021 oleh Ketua Dewan Hakim Dr. Hj. Muslihati, S.Ag, M.Pd. Dalam SK tersebut diputuskan sekitar 65 mahasiswa dari 150 total peserta yang dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni pembinaan. 65 Mahasiswa tersebut terbagi dalam 16 cabang lomba, yakni: Musabaqah  Tilawatil Qur`an, Musabaqah Tartilil Qur`an, Musabaqah Qira`at Sab`ah, Musabaqah Hifzhil Qur`an, Musabaqah Khattil Qur`an, Musabaqah Fahmil Qur`an, Musabaqah Syarhil Qur`an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur`an, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur`an dalam Bahasa Arab dan Inggris, Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur`an dan Musabaqah Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara diakhiri dengan pembacaan doa.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Arab UM)