image_pdf

Malang. Jonathan Swift, seorang pengarang berkebangsaan Irlandia yang sangat populer pernah mengatakan “Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya”. Pernyataan dari tokoh yang juga menyukai dunia politik dan agama  tersebut menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan badan kita. Jika badan kita sehat maka mudah bagi kita menyelesaikan berbagai pekerjaan. Begitupun sebaliknya, saat kita sakit maka berbagai pekerjaan akan terbengkalai karena kita tidak bisa mengerjakannya dengan maksimal.

Kepedulian terhadap pola hidup sehat masyarakat dibuktikan salah satunya dengan adanya program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat oleh pemerintah. GERMAS merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Adapun dasar hukum GERMAS terdapat pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Terdapat banyak anjuran yang ada dalam program GERMAS, seperti misalnya makan buah dan sayur setiap hari, periksa kesehatan secara rutin, dan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari. Melakukan aktivitas fisik oleh Ibu rumah tangga dapat dilakukan dengan cara membersihkan rumah setiap hari, mencuci baju dan peralatan dapur hingga memasak. Tanpa kita sadari memelihara hidup sehat dapat kita lakukan dengan hal-hal sederhana.

Patut disayangkan saat ini banyak masyarakat yang belum memiliki kepedulian terhadap kesehatan badannya. Banyak masyarakat yang masih sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan hingga kurang melakukan aktivitas gerak fisik setiap hari. Oleh sebab itu KKN Sinambung dari Universitas Negeri Malang (UM) kelompok Desa Langlang Singosari Kabupaten Malang melakukan kegiatan penyuluhan GERMAS kepada Ibu-ibu PKK RW 3 Desa Langlang.

Penyuluhan yang dilaksanakan pukul 16.00 WIB – selesai pada hari Minggu 14 April 2019 tersebut mendapatkan antusias yang sangat besar dari peserta. Sekitar 40 Ibu-ibu PKK datang ke rumah Ibu Kustining selaku tempat dilaksanakannya kegiatan penyuluhan ini.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Della Ayu Zona Lia dari Universitas Negeri Malang. Beliau menyampaikan pentingnya agar Ibu-ibu berperan sebagai pelopor utama di keluarga dalam meningkatkan kepedulian untuk menjaga kesehatan badan. Di akhir penyampaian materi dibuka sesi tanya-jawab, beberapa Ibu-ibu PKK pun melontarkan pertanyaannya dan langsung dijawab oleh pemateri.

Pewarta: Filianti

Mahasiswa UM Jurusan Manajemen FE Angkatan 2015