image_pdf

Sambutan oleh Ketua Pelaksana

Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan UM (DWP UM) mempersembahkan Seminar Dalam Jaringan (Sedaring) dengan tema “Kiprah Wanita Dalam Pembangunan Bangsa Melalui Indonesia Maju”. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (03/12) ini, diikuti oleh sekitar  600 orang peserta yang berasal dari delapan fakultas, lembaga, dan unit-unit yang berada di UM.

Dalam sambutannya, Rektor UM Prof. Rofi’uddin menyampaikan bahwa ketika berbicara mengenai kiprah wanita tentunya banyak sekali bahkan tak terhitung dilihat dari berbagai dimensi. “saya ucapkan terimakasih terkhususkan kepada ibu-ibu yang telah mengikuti dan berbagi dalam seminar kali ini, saya harap setelah ini bisa diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari agar energi yang kita keluarkan hari ini tidak sia-sia” ujarnya.

Penampilan Tarian Tradisional Pra Acara

Ditemui Internship Humas disela-sela kesibukannya memantau jalannya acara, Wakil Dekan II FE UM  Dr. Hj. Puji Handayati , S.E.Ak, M.M., CA, CMA menyampaikan  bahwa  sebenarnya wanita memiliki peran yang cukup tinggi di dalam pembangunan nasional. “ini karena dilihat dari penduduk Indonesia saja jumlah wanita itu lebih tinggi dibandingkan pria sehingga tidak menjadi sebuah keniscayaan bahwa sebenarnya peran wanita dalam pembangunan cukup besar” ujarnya.

Pelaksanaan sedaring ini, Lanjut Dr. Puji Handayati,  dilatarbelakangi untuk memperingati hari ibu pada 22 Desember 2020 ini. “dimana banyak dari civitas Akademi yang ada di UM ini juga wanita sehingga kita perlu mengangkat tema ini sebagai sebuah apresiasi terkait dengan kiprah mereka dalam mengisi pembangunan baik itu dari sisi akademik, ekonomi, maupun dari sosial” jelasnya.

Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M. Pd saat Menyampaikan Sambutan

Seminar daring ini, disiarkan langsung dari aula lantai 4 FE UM. Acara diawali dengan penampilan tarian adat tradisional, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, dan acara inti yaitu pemaparan materi seminar. Adapun pemateri dalam Seminar Daring ini adalah:1) Ibu Arumi Bachsin selaku  (Ketua Dekranasda Jawa Timur), 2) Ratih Sanggarwati (Ketua Komunitas Ibu Cerdas Indonesia), 3) Ibu Widayati Sutiaji (Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang), dan Ibu Farida Rofiuddin (Ketua Dharma Wanita Persatuan UM).

Sesi Foto Bersama

Sementara itu, ketua pelaksana Seminar Daring ini Ibu Retno Ciptowardoyo berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan apresiasi terkait dengan peran wanita khususnya akademia yang ada di Universitas Negeri Malang yang juga bila dilihat dari demografinya itu lebih besar jumlah wanita. “Tentunya sedaring ini juga menjadi momen untuk mengapresiasi itu dan memberikan semangat untuk bisa terus berkarya di dalam mengisi pembangunan ini untuk mencerdaskan dan kemandirian” tandasnya.

Pewarta : Arya Wahyu Pratama –Internship Humas UM