image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, Sabtu, 17 Agustus 2019. Kegiatan diselenggarakan di Stadion Cakrawala UM, yang diikuti oleh para dosen, tenaga kepandidikan, mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020, mahasiswa Internasional, dan peserta UM iCamp tahun 2019.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya Ia mengajak seluruh sivitas UM untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di UM, yang bermuara pada lahirnya SDM lulusan yang unggul dan berdaya saing global.

“Tema nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Ristek-Dikti (menindaklanjuti Surat Menteri Sekretaris Negara) untuk upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 ini adalah SDM Unggul, Indonesia Maju. Tema nasional tersebut, jika kita daratkan di kampus tercinta ini menjadi: SDM Unggul, UM Maju,” ungkap Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.

Lebih lanjut, mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo yang menetapkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) secara berkelanjutan sebagai fokus penggunaan anggaran negara di tahun 2020. Rektor UM juga menekankan bahwa UM juga harus hadir dalam upaya pembangunan SDM Indonesia.

“Maju/tidaknya UM itu sangat ditentukan kualitas SDM yang berada di dalamnya. Singkatnya, UM maju karena SDM berkualifikasi tinggi yang dimilikinya. Sebaliknya, UM tertinggal juga karena SDM-nya yang berkualifikasi rendah,” lanjutnya.

Dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini, Rektor UM juga  menyampaikan beberapa wujud capaian prestasi yang digapai oleh sivitas akademika UM, diantaranya: 1) Kafilah UM mencatatkan quattrick juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional untuk ke-4 (keempat) kalinya secara beruntun (2013, 2015, 2017, dan 2019) di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, 2) Predikat the most inspiring student yang diraih oleh  Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan (Sastra Inggris FS) dalam Pilmapres 2019, 3) Raihan silver medal oleh Ananda Sofia Ari Murti (Sastra Inggris FS) dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2019.

Selain pretasi tersebut diatas,  UM pada tahun ini dengan penuh percaya diri menjadi tuan rumah event kemahasiswaan nasional bergengsi, yakni Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE), yang akan berlangsung di bulan September 2019 mendatang.

Pada Upacara ini juga dilaksakan prosesi pemberian apresiasi kepda pegawai dan mahasiswa berprestasi. Berikut nama-nama pegawai dan mahasiswa berprestasi:

Dosen Berprestasi Katagori Sosial Humaniora

Berprestasi I:   Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I (Sastra Arab FS) 

Berprestasi II:  Imam Gunawan, S.Pd, M.Pd    (Administrasi Pendidikan FIP)

Dosen Berprestasi Katagori Sains dan Teknologi

Berprestasi I:   Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes, Ph.D (Biologi FMIPA)   

Berprestasi II:  Aji Prasetya Wibawa, S.T, M.T, Ph.D (Teknik Elektro FT)

Laboran PNS Berprestasi

Berprestasi I:   Bambang Adi Wahyudi (FT)

Berprestasi II:  Ridlo Alfan Alwan (FT)

Laboran PTT Berprestasi

Berprestasi I:   Diah Ayu Eka Fitriana (FT)

Berprestasi II:  Achmad Safi’i (FMIPA)

Pengelola Keuangan Berprestasi

Berprestasi I  : Tutut Widyaningrum (Subag Keuangan BUK)  

Berprestasi II : Hidayatul Khoiriyah    (Subag Keuangan dan Kepegawaian FT)

Tenaga Administrasi Akademik PNS Berprestasi

Berprestasi I:  Didik Suyanto  (Pengadmistrasi Umum FMIPA)

Berprestasi II: Bayu Koen Anggoro  (Pengolah Data Akademik FS)

Tenaga Administrasi Akademik PTT Berprestasi

Berprestasi I:  Endang Pratiwi (Pengadmistrasi Umum FMIPA) 

Berprestasi II: Eka Pramudya Laksana (Pengadministrasi Akademik FIP)

Mahasiswa Berprestasi Tk. Universitas

(Program Diploma)

Septiana Indriani (D3 Akuntansi FE)

Mahasiswa Berprestasi Tk. Universitas

(Program Sarjana)

Berprestasi I:   Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan (Sastra Inggris FS) 

Berprestasi II:  Rahadian Dimas Doddy (Sastra Inggris FS)

Berprestasi III: Ari Gunawan     (Manajemen FE)

Diakhir pidatonya, Rektor UM menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 , serta petugas upacara; Menwa, Pramuka, KSR-PMI, PSM dan Marching Band UM.

Pidato Rektor pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74

Penulis: Suhardi