image_pdf

Kerja sama antara Universitas Negeri Malang (UM) dengan Universitas Negeri Sebelas Maret semakin erat dengan adanya kunjungan kerja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS ke UM. Kegiatan ini terlaksana dalam rangka studi banding mengenai program kampus merdeka yang dilaksanakan UM. Digelar pada Senin (10/10/2022) acara bertempat di Ruang Aula lantai 9 Graha Rektorat UM.

Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., mengungkapkan rasa tersanjungnya dengan kedatangan UNS di UM. Beliau jelaskan ini bukan studi banding pertama yang dilakukan antar kampus. Sebelumnya UM pernah lakukan studi banding ke UNS mengenai pendidikan kedokteran yang ada di UNS dan menjadikan Fakultas Kedokteran UNS menjadi fakultas pembina bagi kelancaran rencana pengembangan bidang kedokteran di UM. ”Terima kasih UNS sudah membantu kami, nanti harapannya dari studi banding ini kita akan saling membantu dan bekerja sama,” ungkapnya.

Wakil Dekan I FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiantoro, M.Si., memaparkan tujuan UNS melakukan studi banding ini adalah untuk mempelajari bagaimana tata kelola program-program Merdeka Belajar yang dilaksanakan di UM. Beliau paparkan UNS ingin belajar dan mengikuti jejak UM sebagai senior di bidang tersebut. Dr. Slamet akui kegiatan ini turut dibantu oleh para alumni UM di UNS yang memberikan jalan bagi UNS untuk bisa saling belajar di UM. ”Kami senang sekali bisa disambut dengan baik. Dari awal kami sampai, sudah dibuat terkagum-kagum dengan lingkungan dan sarana prasarana UM yang bagus sekali,” ujarnya.

Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si.,

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari bidang akademik UM mengenai program-program Merdeka Belajar yang sukses dilaksanakan di UM. Sebagai kampus dengan 50% mahasiswa kependidikan, UM melihat potensi tersebut dan mengadakan program asistensi mengajar, diikuti lebih dari 6000 mahasiswa yang memenuhi syarat.

Selain program tersebut, juga ada program magang, pertukaran pelajar, dan pengabdian masyarakat di desa. Untuk program pertukaran pelajar, UM memberikan kebijakan penuh kepada masing-masing fakultas dan program studi. Hal ini dilakukan agar tiap program studi dapat mendorong mahasiswanya mengikuti program pertukaran pelajar dan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain agar mudah melakukan mobilitas. Seluruh informasi mengenai program Merdeka Belajar disajikan dalam laman Kampus Merdeka dimana semua informasi, data, dan undangan yang dibutuhkan mahasiswa UM dicantumkan dan bebas diakses kapan saja.

Setelah dilakukan pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab yang diikuti antusias oleh para pengajar dari UNS. Kegiatan ditutup dengan penyerahan cendera mata dari masing-masing universitas.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM