image_pdf

Dalam rangka memperkuat kolaborasi riset dan publikasi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kunjungan kerja ke Prodi PAUD S1 PAUD Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Kunjugan sekaligus Focus Group Discussion (FGD) ini dilaksanakan di Gedung II Ruang Kuliah Kampus IV Kleco Surakarta, pada Kamis (04/08/2022). Koordinator Program Studi (Korprodi) S1 PAUD UM, Retno Tri Wulandari., S.Pd., M.Pd beserta Rombongan Dosen dan Tenaga Kependidikan langsung  disambut hangat oleh Koorprodi S1 PAUD UNS Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi., M.A beserta Civitas Akademik Prodi S1 PAUD UNS.

Dalam sambutannya Ibu Anayanti mengucapkan terima kasih atas inisiasi kunjungan dan FGD yang akan diinisisasi oleh UM, “Semula kita juga ingin melaksanakan luring kunjungan dengan perguruan tinggi karena kita juga ingin mewujudkan kolaborasi kuat dibidang PAUD tetapi hal tersebut terpaksa diundur karena pandemi tapi akhirnya UM bisa berkunjung sekarang, terima kasih atas kunjungan yang dilakukan, saya merasa terhormat. Sebetulnya saya juga ingin berkunjung ke UM, mudah-mudahan dalam kesempatan lain dapat bertukar fikiran juga di Kampus UM. Sebelumnya kita sudah bekerja sama, yang paling penting kerja sama itu bukan hanya hitam di atas putihnya saja melainkan implementasinya. Terutama saat ini menyangkut masalah Tridharma dan IKU, kemudian kerja sama dalam bidang penelitian, kerja sama dalam bidang pendidikan, maupun hal lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Retno Tri Wulandari mengatakan juga menyampaikan, dalam kegiatan ini bukan hanya sebatas pembahasan peluang kerja sama, tetapi untuk lebih meningkatkan dan mengeratkan ikatan tali silaturahmi antara sesama unit pengelola  prodi PAUD di Indonesia yang bisa belajar dari satu sama lain untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

         “Kita berharap hubungan kerjasama UM dan UNS dapat diperkuat dari penelitian, seminar, pertunjukan, MKBKM dan segala kegiatan akademis ataupun Non akademis lainnya. Kita juga akan memperkuat hal-hal lainnya. Karena itu kami berharap membawa berkah dan memperkuat hubungan kita sesama pengelola Prodi PAUD untuk mendukung IKU masing-masing ” tutup Koorprodi S1 PAUD UM ini.

Focus Group Discussion (FGD) ini sangat interaktif dan membahas berbagai hal terkait aktifitas tridharma. Sesi tanya jawab juga berlangsung lancar. Selain itu dalam sesi tersebut UM dan UNS sepakat untuk melakukan kerjasama dalam penguatan Jurnal Ilmiah masing-masing prodi dengan saling mengirimkan tenaga Ahli dalam reviewer Jurnal Ilmiah. Kerja sama ini bertujuan sebagai usaha peningkatan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah di UM dan UNS dan kedepannya sebagai media kolaborasi kerjasama penelitian dan publikasi artikel ilmiah antar perguruan tinggi di bidang PAUD

Kegiatan FGD ini diselenggarakan dengan harapan kedepan masing-masing prodi dapat membangun dan mengembangkan kerja sama yang lebih baik lagi baik dalam skala nasional hingga internasional. Kerjasama ini diharapkan segera dapat disepakati untuk menunjang pelaksanaan kurikulum MBKM prodi berupa kegiatan magang, asisten mengajar, proyek kemanusiaan dan riset kolaboratif. Kerjasama yang dilakukan akan dikembangkan dengan lembaga lain yang sesuai dengan profil lulusan prodi. Akhirnya, acara kunjungan dalam rangka FGD selesai dan diakhiri dengan penutup serta sesi foto bersama.

Kontributor :

Dr. Yudithia D Putra, M.Pd., M.M
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang