image_pdf

Malang. Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) memperluas kerja sama internasional melalui pembukaan program In-country yang diadakan oleh Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembukaan ini dilaksanakan pada hari Jumat (03/06) di Gedung B3 Lantai 2 Fakultas Sastra, UM dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Program In-country ini merupakan sebuah kolaborasi antar universitas yaitu Universitas Negeri Malang dan Universitas Walailak, Thailand yang sudah dilaksanakan sejak 2009.

Kegiatan yang menawarkan kesempatan bagi mahasiswa dari kelas studi ASEAN untuk mempelajari bahasa dan budaya secara intensif selama satu semester ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Sastra, Direktur BIPA, perwakilan dari Universitas Walailak, Thailand yaitu Prof. Dr. Surasit Vajirachorn, Pensri Panich, dan Naruaemon Klatookwan. Selain itu hadir pula 10 mahasiswa program In-country dari Universitas Walailak, serta 10 mahasiswa mitra bahasa dari BIPA FS UM. 

Pada rangkaian kegiatan tersebut, direktur dari BIPA, Dr. Gatut Susanto , M.M., M.Pd., menyampaikan sambutannya dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta program In-Country dan perwakilan dari pimpinan Universitas Walailak Thailand yang hadir di Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Universitas Walailak, Prof. Dr. Surasit Vajirachorn juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada UM yang sudah membuka kerja sama antar universitas melalui kegiatan In-country ini dan berharap agar kerja sama dapat terjalin dengan waktu yang lama. “Saya sudah lama mendengar tentang kabar kerja sama ini, antara Universitas Walailak dengan Universitas Negeri Malang. Oleh karena itu, selaku perwakilan dari Universitas Walailak, saya sungguh berterima kasih atas kebaikan dan kesempatan baik yang diberikan untuk program kerja sama ini. Semoga program ini dapat berjalan lancar dan terjalin dengan waktu yang lama,” ujar Prof. Dr. Surasit.

Menyambung serangkaian sambutan pembuka, Dekan Fakultas Sastra UM, Prof. Dra. Hj. Utami Widiati, M.A, Ph.D., mengutarakan kata-kata sambutannya sekaligus membuka dengan resmi program In-country. “Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik ini sehingga kita dapat melaksanakan berbagai macam kegiatan secara langsung, tanpa melakukan lagi dari balik layar. Salah satunya adalah program In-country ini. Selamat datang kepada sepuluh peserta program ini, semoga kalian dapat mewujudkan tujuan kalian di sini dan memperoleh hasil yang baik. Semoga kalian merasa aman dan nyaman selama di Indonesia,” ungkap Dekan FS.

Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan dari masing-masing mahasiswa peserta program In-Country bersama mitra bahasa mereka dan juga dengan guru-guru yang akan mendampingi program kelas selama satu semester kedepan. Kegiatan disambung dengan penandatangan MoU sebagai bentuk kerja sama resmi kedua belah pihak yakni antara UM dan Universitas Walailak. Pada akhir acara kegiatan ditutup dengan pengambilan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan pada hari ini.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah (Internship Humas UM)

Editor : Nike V. Yuarko