image_pdf

Malang. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) di Ardimulyo 2019 mampu mengemas kegiatan pesantren ramadan dengan memberikan kesan berbeda yakni dengan adanya sentuhan permainan tradisional. Hal tersebut mampu memberikan kesan menyenangkan bagi peserta didik. Kegiatan pesantren ramadan tersebut berlangsung selama tiga hari (27-29/05) dan diikuti oleh 90% peserta didik di MI Al-Ma’arif 12 Ardimulyo.

Tujuan utama kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kecintaan siswa tentang Islam dan melestarikan permaianan tradisonal sebagaiaman dijelaskan oleh Asthiani “Selain menguatkan kecintaan peserta didik terhadap islam kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional yang saat ini kesan menyenangkannya nyaris tidak pernah terlihat dalam kegiatan bermain anak. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik di MI Al-Ma’arif 12 Ardimulyo sehingga pesantren ramadan ini dinamakan dengan Ramadan Ceria KKN UM Ardimulyo bersama MI Al-Ma’arif 12 Ardimulyo,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB dengan melaksanakan shalat dhuha bersama di mushola MI Al-Ma’arif 12 Ardimulyo. Dilanjutkan dengan tadarus juz 30 di ruang kelas masing-masing peserta dan didampingi oleh mahasiswa KKN UM Ardimulyo.Jumlah mahasiswa KKN yang mendampingi tadarus berjumlah dua belas orang setiap harinya. Setelah tadarus peserta didik diberikan waktu istirahat selama 15 menit, yakni pukul 08.30 WIB sampai 08.45 WIB.

Walaupun sedang berpuasa waktu istirahat ini digunakan beberapa peserta didik untuk bermain permainan tradisional baik di depan kelas maupun di halaman sekolah yang tak luput dari pendampingan mahasiswa KKN. Pada pukul 08.45 WIB sampai 10.00 WIB peserta didik mendapatkan materi berupa rukun islam, kaligrafi dan permainan tradisional yang setiap harinya dikemas berbeda. Materi-materi tersebut disajikan langsung oleh mahasiswa KKN UM Ardimulyo 2019 yang sebelumnya bertugas mendampingi kegiatan tadarus.

“Waktu pelaksanaan lomba klompen (bakiak) dan gebokan, anak-anak sangat antusias saat bermain. Mereka sampai rebutan untuk bermain karena dibagi beberapa sesi tanding lawan antar kelas. Ketika waktu istirahat berlangsung mereka juga menghabiskan waktu mulai dari sekedar bertukar cerita dengan kami. Meskipun berpuasa, mereka tetap semangat menjalankan aktivitas sehari-hari,” terang Ananta, salah satu mahasiswa KKN.      

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM