image_pdf

Malang. Setelah 6 bulan berlalu, Pre-Departure English Course (PDEC) 6 Month Toefl yang merupakan program kerjasama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang (UM) telah resmi ditutup pada Kamis (18/07). Pelatihan Bahasa Inggris ini diikuti oleh 18 awardee LPDP untuk program magister di dalam negeri dengan 19 trainer yang merupakan dosen Sastra Inggris UM.

18 awardee tersebut berasal dari berbagai universitas di Jawa timur, diantaranya Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Jember (Unej), dan Universitas Airlangga (Unair).

Dr. Suharyadi, S.Pd selaku ketua jurusan Sastra Inggris UM menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dimulai tanggal 28 Januari hingga 17 Juli. Pelatihan dilaksanakan setiap hari Senin-Juma’at selama 8 jam perharinya. Sehingga total jam yang diberikan adalah 840 jam dengan 420 sesi.

“Materi yang diajarkan berfokus pada materi TOEFL, diantaranya adalah Listening, Structure, Reading, Speaking dan kami memberikan tambahan Writing, agar memperbaiki kualitas penulisan dan skill Academic Writing para peserta. Terdapat 6 kali tes, diantaranya pre-test 1 kali, test 3 kali, post-test 1 kali dan TOEFL ITP 1 kali,” tambahnya.

Pelatihan ini berhasil meningkatkan skor TOEFL ITP para awardee. Sebelum pelatihan dimulai, trainer memberikan pre-test kepada peserta. Hasil skor rata-rata saat pre-test adalah 398 dengan skor tertingginya adalah 473. Setelah 6 bulan, diakhir pelatihan dilaksanakan TOEFL ITP dengan hasil skor rata-rata 474 dan skor tertingginya adalah 523.

“Teruslah belajar, agar bisa mencapai skor yang lebih tinggi, sehingga akan lebih banyak besiswa yang bisa di apply setelah menjadi alumni LPDP. Saya mengharapkan semua yang terbaik untuk kalian, kami mewakili Pak Rektor mengucapkan selamat atas selesainya program ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua,” pesan Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si sebelum menutup secara resmi acara tersebut.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM