image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd. saat memeperlihatkan desain kubah masjid

Malang. Salah satu bagian penting dari bangunan Masjid adalah kubahnya, dari kubahnya kita bisa menebak bagaimana atmosfer kegiatan yang ada di dalam Masjid tersebut. Untuk itu, pada Kamis (15/04) Tim Perencanaan Pembagunan Sarana Penunjang Pembelajaran Universitas Negeri Malang (UM) beserta Tim Kontraktor dari PT. Himindo Citra Mandiri – PT. Indonesia Pondasi Raya TBK,Tim konsultan dari Delta Buana Konsultan dan Tim dari PT. Anugerah Kubah Indonesia, sebagai perusahaan yang akan menggarap kubah Masjid, mengadakan presentasi rancangan kubah Masjid Al-Hikmah UM dihadapan Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., secara langsung di Aula Senat Graha Rektorat Lt 9.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UM, Prof. Rofi`uddin dan menyerahkan seluruhnya kepada Tim dari PT. Anugerah Kubah Indonesia untuk mempresentasikan rancangan kubah Masjid Al-Hikmah UM. Dalam presentasinya disampaikan bahwa kubah yang akan dibangun ini berupa kubah panel berbahan galvalume, karena lebih modern, murah dan aman. “Kubah Panel yang akan dibangun ini menggunakan bahan galvalum, dengan alasan lebih modern, lebih hemat biaya produksi, lebih aman dan hampir tidak perlu adanya perawatan kubah, seperti halnya pengecatan ulang serta akan ada garansi 5 tahun dari perusahaan,” ucap Wahyu Agus Ariadi, selaku presentator.

Wahyu Agus Ariadi dari PT. Anugerah Kubah Indonesia saat mempresentasikan rencana pembangunan kubah masjid

“Selain itu, kubah yang akan dibangun ini juga mampu menanggung beban seberat 15-30 ton dan akan ada uji konstruksinya dan untuk desain hiasan dalam kubah yang bisa dilihat dari dalam ini bisa costum dengan menggunakan kaligrafi maupun ornament dengan pilihan model dan warna yang beragam dan menyesuaikan,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut Prof. Rofi`uddin mempercayakan semuanya kepada Tim Perencanaan dan Pembangunan Sarana Pembelajaran UM. “Saya percaya kepada Tim Perencanaan dan Pembangunan telah memilihkan yang terbaik diantara yang baik untuk pembangunan kubah ini, semoga pelaksanaan pembangunannya berjalan dengan lancar,”ungkapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi penentuan rancangan kubah yang nantinya akan dipakai di Masjid Al-Hikmah UM dengan harapan bisa segera diselesaikan, mengingat tenggat waktu pembangunan Masjid Al-Hikmah UM harus diselesaikan pada November 2021 mendatang.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Arab UM)