image_pdf

Bandung. Pada tanggal 23-24 September 2022, mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran mengikuti serangkaian kegiatan kompetisi yang diadakan di Kota Bandung yang didampingi oleh Bapak Buyung Adi Dharma, S.AP., M.AP. dan Bapak Andi Basuki , S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing. Kegiatan Office Administration Competition (OACtion) 4 2022 Tingkat SMK dan Perguruan Tinggi Nasional ini diselenggarakan oleh Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran (ASPAPI) Jawa Barat dan dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Pada hari pertama kompetisi tanggal 23 September 2022, kegiatan dilaksanakan pada pukul 07.00 – 14.30 WIB di Gedung Auditorium Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB). Para peserta kompetisi OACtion 4 melakukan registrasi terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan acara pembukaan. Dr. Sambas Ali Muhidin, S.Pd.,M.Si selaku Ketua Bidang Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI menyampaikan sambutannya dan resmi membuka pelaksanaan OACtion 4 Tahun 2022. Kemudian dilanjutkan pemberian arahan dari panitia untuk kemudian melakukan pelaksanaan kompetisi. Universitas Negeri Malang (UM) mengirimkan 14 delegasi untuk 6 bidang kompetisi, yaitu: typing speed, infographic design, public speaking, data processing, archieve filling, dan office document automation. Setiap bidang lomba dilakukan pada ruangan yang berbeda sehingga para peserta diminta untuk meninggalkan Auditorium FPEB dan segera menuju ruangan masing masing. Kompetisi berlangsung dengan lancar dan tertib, baik pada tingkat SMK maupun tingkat Perguruan Tinggi.

Tanggal 24 September 2022, kegiatan dilaksanakan pada pukul 07.30 – 12.00 WIB di Gedung Auditorium FPEB. Acara yang pertama adalah penutupan dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba serta pembagian hadiah. Universitas Negeri Malang berhasil meraih 8 kejuaraan pada 6 Bidang Kompetisi, yaitu:

Rochmel Kapitan Akbar Maulana sebagai Juara 1 Typing Speed (kiri) dan Novita Diyah Lestari sebagai Juara 2 Archieve Filling (kanan)

Yovi Muliyanti sebagai Juara 3 Office Document Automation (kiri) dan Vio Ratnasari sebagai Juara 2 Public Speaking (kanan)
Yahya Savero sebagai Juara 1 Infographic Design (kiri) dan Febiola Aniantasya sebagai Juara 2 Infographic Design (kanan)
Sally Dwita Yurivani sebagai Juara 2 Data Processing (kiri) dan Givani Oktaviarum sebagai Juara 3 Data Processing (kanan)

Berikut ini pendapat Rochmel Kapitan terkait pelaksanaan Kompetisi OACtion 4 2022, “Kegiatan kompetisi sangat menyenangkan apalagi jauh dari kota kelahiran. Rasa kebersamaan dan solidaritas yang sangat erat saat kompetisi dimulai pun tetap terjaga dan tidak lupa juga support kepada sesama rekan sangat berpengaruh yang hingga akhirnya bisa membawa pulang juara umum ke universitas negeri malang tercinta.”.

Berdasarkan perolehan juara tersebut, UM berhasil menjadi Instansi dengan perolehan juara terbanyak dan mendapatkan penghargaan Juara Umum Tingkat Perguruan Tinggi Nasional.

Pewarta          : Vio Ratnasari – Mahasiswa Departemen Manajemen UM

Pewarta Foto : Sally Dwita Yurivani – Mahasiswa Departemen Manajemen UM