image_pdf
Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. saat memberikan penjelasan

Malang. Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang (UM) mendapatkan kunjungan dari Tim Asesor BAN-PT dalam rangka penjaminan mutu akreditasi pada salah satu prodi yakni S2 Pendidikan Sejarah. Diwakili oleh Dr. Agus Mulyana, M.Hum (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Prof. Dr. Yety Rochwulaningsih, M.Si (Universitas Dipenogoro). Kegiatan yang berlangsung pada Senin (22/02) di buka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

Penjaminan mutu dikoordinasi oleh Satuan Penjamin Mutu (SPM) universitas. Tak hanya itu, setiap fakultas juga memiliki satuan kerja yang disebut dengan unit penjaminan mutu fakultas, sedangkan untuk tingkat prodi disebut dengan gugus penjaminan mutu. “Penjaminan mutu yang dikoordinasikan oleh universitas memiliki standart tertentu, namun dalam implementasinya akan menyesesuaikan dengan karakteristik fakultas masing-masing.” Ujar Prof. Sumarmi

Dr. Agus Mulyana, M.Hum (Universitas Pendidikan Indonesia)

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi atau dikenal dengan istilah monev mencakup proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja. Tim unit penjaminan mutu FIS melakukan tiga kali monev pembelajaran yakni pada awal, pertengahan, dan akhir masa pembelajaran pada setiap semesternya. Monev dilaksanakan tidak hanya sebagai sarana pembelajaran bagi fakultas, tetapi digunakan juga untuk penelitian pengabdian masyarakat. Sehingga membuat FIS juga terintergrasi pada LP2M dan LP3.

Prof. Dr. Yety Rochwulaningsih, M.Si (Universitas Dipenogoro)
saat memaparkan materi

FIS saat ini menciptakan sebuah aplikasi bernama LITABMAS. Aplikasi ini bertujuan untuk mewadahi dosen untuk melakulan pengajuan dan pengabdian pada masyarakat. LITABMAS memiliki beberapa fitur diantaranya penginformasian status tentang penerimaan, penolakan dari judul yang diajukan. Dosen juga akan mendapatkan review serta saran yang diberikan langsung oleh pihak LP2M.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM