image_pdf

Saat ini situasi pandemi Covid-19 memberikan konsekuensi keterpurukan hampir di segala sendi bidang kehidupan, mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, termasuk di dalamnya bidang pendidikan. Dampak dalam bidang pendidikan tampak pada upaya alumni yang baru saja lulus tetap harus produktif mempersiapkan kemandiriannya selepas meninggalkan bangku perguruan tinggi. Dalam kondisi yang penuh keterbatasan seperti sekarang ini, tidak mudah bagi alumni memasuki dunia kerja sehingga perlu mendapatkan wawasan dan pemahaman tentang peluang kerja terutama pada masa new normal seperti sekarang.

Menguasai aplikasi Microsoft Office menjadi bekal penting untuk memasuki dunia kerja, khususnya lagi pekerjaan jenis kantoran. Dalam perkantoran, tidak akan lepas dari pekerjaan entri data serta pembuatan laporan kerja. Oleh sebab itu, calon pegawai akan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Selain akan menjadi nilai tambah tersendiri, keahlian menguasai apliaksi ini bisa menguntungkan untuk perusahaan karena mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu serta efektif.

Sehubungan dengan hal tersebut, kelompok hibah pengabdian kepada masyarakat yang yang diketuai oleh Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak., dengan anggota Fadia Zen, S.E., M.M., dan Andi Basuki, S.Pd., M. Pd. menggelar kegiatan “Pelatihan Professional Microsoft Office”. Kegiatan yang diprogramkan secara formal di era new normal ini dirasa perlu bagi mahasiswa dan alumni untuk mempersiapkan diri, atau bahkan mengembangkan personalitinya untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Kegiatan Pelatihan pertama dan kedua dilaksanakan secara daring pada Rabu dan Kamis tanggal 18 dan 19 Agustus 2021 dan diikuti oleh 25 peserta pelatihan dari mahasiswa dan alumni. Materi yang diberikan adalah Microsoft Word dengan narasumber Danny Ajar Bhaskoro, S.Pd., M.Pd.

Adapun tujuan dari pelatihan Professional Microsoft Office ini adalah untuk memperkenalkan mahasiswa dan alumni pada tuntutan dunia kerja dan mempersiapkan mahasiswa dan alumni memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada alumni. Selain itu diharapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas dan self-esteem dari mahasiswa dan alumni baik yang belum atau sudah bekerja serta terbentuknya keterikatan dan jaringan kerja antara alumni dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang diharapkan dapat tumbuh dengan semakin baik.

Gambar 1. Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak Ketua Kegiatan Professional Microsoft Office Training Bagi Alumni dan Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM di Era New Normal memberi sambutan
Gambar 2. Fadia Zen, S.E., M.M., Anggota Kegiatan Professional Microsoft Office Training Bagi Alumni dan Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM di Era New Normal sebagai pemandu acara.
Gambar 3. Danny Ajar Bhaskoro, S.Pd., M.Pd sebagai nara sumber kegiatan Professional Microsoft Office Training Bagi Alumni dan Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM di Era New Normal

Filianti, salah satu peserta dari alumni sangat mengapresiasi kegiatan ini, “saya ingin memperdalam materi microsoft word, karena bidang pekerjaan saya kebanyakan ada di lingkungan ini. Sehingga saya sangat ingin mengetahui dan memperdalam berbagai tips dan trik yang ada di Ms Word agar mempermudah dan mempercepat pekerjaan saya,” ujarnya.

Gambar 4. Pemberian Materi Professional Microsoft Office Training Bagi Alumni dan Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM di Era New Normal

Panitia juga memberikan kuesioner terkait penyelenggaraan kegiatan  dan untuk mengetahui kebutuhan aplikasi apa yang perlu diperdalam. Berdasarkan kuesioner tersebut beberapa peserta ingin memperdalam bahasan baik untuk microsoft word atau excel diantaranya yang diantaranya Pivot, Xlookkup, Vlookup dan Hlookup, references, mailings dan review. Sehingga untuk pelatihan berikutnya ditekankan pada materi-materi yang sangat diperlukan oleh mahasiswa dan alumni untuk menghadapi dunia kerja dan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efektif.

Kegiatan ini juga dapat dilihat pada channel youtube Jurusan Manajemen FE UM dengan link url https://www.youtube.com/watch?v=ZzrC851_CaA untuk dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni.  

Penulis Lulu Nurul Istanti