image_pdf
Sambutan Bapak Tubagus Arief Iskandar
selaku Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Cabang Malang

Malang. Dalam rangka memberikan pelayanan dan kesejahteraan calon pensiun Aparatur Sipil Negera (ASN), Universitas Negeri Malang (UM) bekerja sama dengan PT Taspen Persero Cabang Malang dan Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cabang Malang mengadakan Sosialisasi Ketaspenan dan Kewirausahaan bagi ASN UM menjelang Purna Tugas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Graha Rektorat UM Lantai 9 dan dihadiri oleh seluruh Tenaga Kependidikan (Tendik) dan Dosen yang akan menjalani masa pensiun.

Drs. Amin Sidiq, M.Pd., selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk mengenalkan program-program PT Taspen kepada ASN akan akan memasuki masa Purna Tugas.

Sambutan Bapak Yudhi Budhi Wirjanto
selaku Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Cabang Malang

Yudhi Budhi Wirjanto selaku Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Cabang Malang menjelaskan bahwa kegiatan sosialiasi bisa terwujud karena sinergi antar tiga lembaga yaitu UM, PT Taspen Persero, dan anak perusahaan yang namanya Bank Mantap. Bank Mandiri Taspen adalah niatan yang dibentuk oleh PT Taspen untuk memberikan pelayanan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun atau menjelang masa pensiun.

“Kita sinergi dengan BUMN Bank Mandiri sepakat untuk mendirikan Bank Mantap dan alhamdulillah ini sudah tahun keempat berdirinya Bank Mantap nanti akan meberikan layanan kepada bapak dan ibu karena titik-titik layanan sudah ada di kota Malang, Kepanjen, Batu, Turen, Pasuruan, Probolinggo sampai dengan Lumajang”, jelas Yudhi.

Sesi tanya jawab tentang program Taspen 3

PT Taspen adalah salah satu BUMN yang bergerak dibidang asuransi sosial pada saat pendiriannya. sekarang sudah terkelola 4 program, yaitu Tabungan Hari Tua (THT), Uang Pensiun, Jaminan kecelakaan kerja dan Jaminan Kematian.

Yudhi menuturkan bahwa program-program PT Taspen senantiasa memudahkan para pensiunan. Melalui program-program tersebut PT Taspen tidak menghendaki para pensiunan datang ke PT Taspen untuk mengurus pensiun. Bahkan para pensiunan dapat mendapatkan layanan melalui gawai miliknya tanpa keluar rumah.

Sesi tanya jawab tentang program Taspen 2

Dalam sambutannya, Tubagus Arief Iskandar, selaku Kepala Cabang Bank Mantap Cabang Malang memaparkan bahwa sekarang semua pensiunan bisa memiliki buku tabungan Bank Mantap tanpa harus menyetor saldo, malahan Bank Mantap yang akan memberikan saldo.

“Ada tiga program yang sudah berjalan selama ini yaitu program Mantap Sehat, Mantap Aktif, dan Mantap sejahtera”, tambah Tubagus.

Sesi tanya jawab tentang program Taspen

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program PT Taspen lebih mendalam oleh Khoirul Salisa dan materi kewirausahaan oleh Yudi Arsad Pamungkas.

Pewarta: Muhammad Nurrizal Zabawi – Internship Humas UM