image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) semakin meneguhkan eksistensi dirinya sebagai kampus rujukan dalam inovasi pembelajaran. Bukan hanya itu, UM juga konsisten dalam menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menjelang Dies Natalis-nya yang ke-67, banyak prestasi yang ditorehkan hal itu seakan menjadi kado tersendiri bagi UM.

Kali ini prestasi datang dari bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. CAMRY (Center of Advanced Materials for Renewable Energy) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UMberhasil menjadi salah satu Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT).

Nandang Mufti, S.Si, M.T., Ph.D., menyampaikan bahwa untuk menjadi PUI-PT yang diakui oleh Kemendikbud Ristek harus memenuhi berbagai kriteria.  “Untuk bisa menjadi PUI-PT yang diakui Kemendikbud Ristek harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Bila sudah menjadi PUI-PT yang diakui Kemendikbud Ristek akan menjadi satu-satunya PUI-PT di bidang tersebut se-Indonesia dan akan menjadi rujukan nasional. Saat ini di UM baru ada dua PUI-PT yang diakui Kemendikbud ristek yaitu PUI-PT DLI di bawah LP3 dan PUI-PT Camry di bawah LP2M,” ujarnya.

Salah satu Produk PUI PT Camry UM

Untuk bisa diakui oleh kementerian PUI-PT harus memenuhi dua aspek besar yaitu: 1) Kinerja A Academic Excellent dan 2) Kinerja B Commercialization dan Implementation pada bidang yang ditekuni. Kinerja A meliputi 12 aspek seperti publikasi, HKI, narasumber konferensi, dll, sedangkan kinerja B ada 8 katagori diantaranya kontrak riset nasional, internasional, produk untuk komersialisasi dengan industri dll. dengan penilaian yang dilakukan dalam 3 tahun terakhir.

PUI-PT Camry merupakan  PUI-PT pusat material maju untuk energi terbarukan untuk mengembangkan teknologi “bangunan cerdas mandiri energi”. Berdasarka surat keputusan dari Kemendikbud Ristek Nomor: 3706/E3/KB.07.00/2021, UM merupakan satu-satunya kampus Badan Layanan Umum (BLU) yang berhasil menjadi PUI-PT, sedangkan lainnya merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Saya berharap melalui PUI-PT Camry ini bisa semakin berkembang dan memberikan sumbangsih bagi bangsa Indonesia.  Semoga PUI-PT Camry terus berkembang dan menjadi STP (Science Techno Park) UM yang bisa menghasilkan berbagai produk unggulan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia dan juga sekaligus menjadi salah satu income generating UM dan menyumbang pendapatan Negara Indonesia,” pungkas Nandang Mufti, S.Si, M.T., Ph.D.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama           — Internship Humas UM