image_pdf
Dr. Ir. Yulin Lestari.

Malang. Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Disruptive Learning Innovation (DLI) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Workshop Coaching Article Q1/Q2 Scopus pada Selasa (10/09) di Hotel Aria Gajayana. Coaching tersebut diikuti oleh puluhan peserta berasal dari dosen, staf LP3 dan mahasiswa. Sedangkan pembicaranya merupakan dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Dr. Ir. Yulin Lestari.

Diantara langkah-langkah general yang harus diperhatikan dalam memublikasikan artikel, jelas Yulin Lestari, adalah 1) Memilih target jurnal, 2) Analisis penelitian artikel, 3) Strategy untuk menulis artikel, 4) Menjual ide, dan 5) Mensubmit artikel. “Dalam memilih target jurnal harus dimulai dengan fokus akan hasil atau penemuan yang akan dikerjakan. Semua yang terkandung dalam artikel harus berdasarkan data yang dipresentasikan,” ujarnya.

Penyampaian materi oleh pemateri

Ia juga menambahkan banyak pertanyaan kritis pengantar peneliti untuk memiliki data dan penelitian yang baik terkait argumen, hasil, data, dan pemilihan jurnal yang ditargetkan. Ia juga memaparkan tabel jurnal assesment yang berisi 6 kolom diantaranya adalah nama jurnal, penelitian yang hampir sama baru-baru ini, audiens, kualitas jurnal, waktu untuk publikasi, dan halaman. Tidak hanya itu, Pemateri juga memperlihatkan beberapa bentuk struktur artikel yang biasa digunakan, diantaranya adalah The AIMRaD article, AIRDaM, AIM[RaD]xC, dan AIBC.

Keteraturan tata bahasa artikel yang notabene dengan bahasa Inggris juga disinggung oleh pemateri, Ia bahkan menekankan kepada tenses dan grammar lainnya. Tata bahasa merupakan hal yan penting dalam penlisan artikel berkancah internasional. Ia memberikan beberapa contoh paragraf dalam artikel dan mendiskusikan tenses bersama peserta.

“Beberapa hal penting untuk meningkatkan kesempatan peneliti mendapatkan publikasi artikel diantaranya adalah kontribusi penelitiannya baru, signifikan, dan keseluruhan artikel bernilai bagus dan unggulan,” tambah pemateri diakhir diskusi.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Kutsar S. – Humas UM