image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd (kanan) dan Rektor Unair, rof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA mengunjungi Stand PUIPT DLI dengan didampingi tim IsDB PIU UM, Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D

Bali-Universitas Negeri Malang (UM) hadir dalam research, innovation, and technology (Ritech) Expo 2019  pada rangkaian acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) RI ke-24 tahun 2019, 24-28 Agustus 2019 di lapangan Puputan Renon Denpasar Bali. Ritech Expo 2019 merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi dengan menampilkan hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari Perguruan Tinggi, Lembaga Riset, Industri, hingga para Inovator karya anak bangsa. Sekaligus perwujudan dari tema besar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 24 yaitu Iptek dan inovasi dalam industri kreatif di Era Revolusi Industri 4.0.

UM  tergabung dalam stand 159-171 pusat unggulan ipteks perguruan tinggi Ristekdikti dengan 18 PUIPT salah satunya adalah PUIPT DLI (Disruptive Learning Innovation) sebagai center of excellent dibidang sosial humaniora  PTOS  pada pengembangan riset dan inovasi pembelajaran .

Sekretaris PUIPT DLI UM, Dr.Eng.Muhammad Ashar menyampaikan bahwa DLI menampilkan hasil riset utama yaitu personalized learning, ubiquitous Learning, gamified learning dan smart heutagogy sebagai platform pembelajaran era digital secara disruptive. Adapun produk inovasi DLI yang siap komersialisasi juga di pamerkan antara lain idbookstore, kulinera, qalifa, kerabatani Edu, buang Asap, Deto, Autiscare. Serta produk perkenalan  publikasi jurnal dan konferens tahunan dibidang inovasi pembelajaran dengan produk  journal of Disruptive Learning Innovation (JODLI)  untuk penerbitan perdana bulan September 2019 dan Internasional Conference Learning Innovation (ICLI) yang ke 3 pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Para pengunjung Stand PUIPT DLI UM didampingi Sekretaris PUIPT DLI UM, Dr.Eng. Muhammad Ashar

“Insya Allah tim riset DLI segera meluncurkan toolls dan platform disruptivenya untuk mengembangkan hasil riset menuju Riset Inovatif Produktif (Rispro), Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (insinas), inovasi industri, Program Insentif Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi  (PPBT) dan Internasional collaboration research. Saya selaku kordinator  program pameran Ritech Expo 2019 PUIPT Ristekdikti mewakili PUIPT DLI  kali ini menampilkan produk inovasi DLI  pada pengunjung dengan target industri digital, pemerintahan, internasional riset dan masyarakat milenial pecinta Disruptive Learning berbasis edukasi 4.0 bersama tim riset DLI, staf DLI dan Mahasiswa Magang  DLI,” jelasnya.

Peran DLI saat ini intens melakukan riset inovasi unggulan di bidang inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi modern dengan memadukan artificial intelligent, Machine learning, IoT, big data yang dikemas  dalam platform media dan teknologi pembelajaran yang dapat membantu smart learning di lingkungan pembelajaran cerdas, baik di kampus UM maupun di luar kampus.

“Harapan pengembangan riset dan produk DLI kedepannya adalah membangun ekosistem disruptive learning melalui penguatan inovasi riset DLI agar dapat dimanfaatkan secara luas baik dalam kampus, dalam negeri dan luar Negeri melalui berbagai kolaborasi yang tepat antar disiplin ilmu lainnya. Serta menjalan one stop learning dengan produk unggulan inovasi pembelajaran berdaya saing tinggi yang berpusat di Universitas Negeri Malang sebagai The Learning University yang mampu go public ke depannya,” tambahnya.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, yang juga selaku penasehat PUIPT DLI, Ketua LP3, Drs I wayan Dasna, M.Si., M.Sc., Ph.D sebagai Penanggung Jawab PUIPT DLI, dan Prof. Dr. Waras, M.Pd sebagai Ketua PUIPT DLI juga hadir dalam Ritech Expo 2019 ini.   

Puncak peringatan Hakteknas ke 24 2019 ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Dr. (H.C) Drs. H. Muhammad Yusuf Kalla,  Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, serta para Kepala Daerah dan unsur pejabat di lingkungan Kemenristek Dikti. Peserta kegiatan berasal dari Kementerian dan lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi serta pihak swasta.

Penulis : Suhardi