image_pdf
Ketua Majelis Wali Amanat UM sekaligus Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, S.T., M.T., mengunjungi stand Social Career, Job Fair, dan TEP Festiva 

 Lebih dari tiga puluh perusahaan mitra kerja hadir menawarkan lapangan pekerjaan pada Social Career, Job Fair, dan TEP Festiva. Sekitar dua ribu lebih peserta pada hari pertama berpartisipasi memeriahkan kegiatan dan terpantau akan semakin bertambah di keesokan harinya. Acara Social Career, Job Fair, dan TEP Festiva kali ini bertemakan “Optimizing Z Generation to be Ready Enter The Job World”. Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari (05/24-25) di gedung Sasana Krida UM (Universitas Negeri Malang). 

Mendapatkan pekerjaan dan memiliki karir yang bagus menjadi impian sebagian besar mahasiswa setelah mengemban pendidikan di bangku perkuliahan. Tidak jarang mahasiswa semester akhir maupun para alumni masih merasa bingung mencari informasi terkait pekerjaan yang ingin diambil. Oleh karena itu, terjalin kerja sama dari berbagai pihak, yaitu Pengurus Pusat Ikatan Alumni, Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni, BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Mahasiswa TEP Universitas Negeri Malang (UM) untuk menggelar acara. 

Ketua Umum PP IKA UM, Prof. Dr. Suparno mengunjungi stand Social Career, Job Fair, dan TEP Festiva

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, pengurus PP IKA UM, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, dan segenap peserta yang turut meramaikan acara. Ketua Umum PP IKA UM, Prof. Dr. Suparno dalam sambutannya menyampaikan sasaran kegiatan dari acara ini.

“Kami bekerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan. Kegiatan ini ditujukan untuk para alumni juga calon alumni. Tidak hanya untuk kalangan dari Universitas Negeri Malang saja, tetapi juga terbuka untuk semua perguruan tinggi,” tutur Prof. Suparno.

Ketua Majelis Wali Amanat UM sekaligus Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, S.T., M.T., menuturkan latar belakang meningkatnya jumlah angkatan kerja tiap tahunnya dan angka pengangguran yang semakin meningkat.

Social Career, Job Fair, dan TEP Festiva bertemakan “Optimizing Z Generation to be Ready Enter The Job World”

“Jumlah penduduk yang semakin bertambah membawa akibat jumlah angkatan kerja dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Khususnya di Kota Malang, Kota Pendidikan, jumlah mahasiswanya itu sekitar 300 ribu lebih setiap tahunnya. Luar biasa kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi dan perkembangan kota. Ini berarti semakin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan yang pastinya akan menimbulkan problematika ketenagakerjaan, khususnya bagaimana kita semua bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang memadai. Masalah pengangguran ini juga terjadi disebabkan ketidakseimbangan antara ketersedian dan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu, kami mengembangkan bursa kerja secara virtual. Kami menyebutnya dengan aplikasi Job Fair Active,” tutur Bapak Erik.

Terakhir, sambutan dari Ketua I PP IKA UM, Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., menyampaikan harapan agar acara ini dapat diterima dengan baik oleh peserta serta dapat menjadi wadah pengembangan karir yang lebih baik.

“Harapannya job fair ini agar para alumni UM segera terserap, dapat mengembangkan karirnya di bidang kerja. Jangka panjangnya, alumni yang sudah sukses dalam karirnya dapat menggaet para alumni untuk bisa bekerja di perusahaan tempatnya bekerja. Anak-anak yang sudah sukses di perusahaan biasanya kami minta menjadi narasumber dan mengadakan pelatihan kepada calon lulusan untuk memberikan pengalaman dan kiat-kiat bekerja, termasuk membuat portofolio yang baik sehingga terbentuk networking dengan alumni yang baru lulus,”  pungkas Prof. Ainin.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita

Editor: Nahdiatul Affandiah