image_pdf

Malang. Hasil kolaborasi antara mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) berhasil meraih Gold Medal dalam kategori Language and Education dalam ajang International Innovation in Teaching and Learning (I-InTel). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Mara (UiTM) Kedah, Malaysia tersebut berlangsung selama dua hari (17-18/4) di Rainbow Paradise Beach Resort, Tanjung Bungah, Pulau Pinang, Malaysia. Ada sebanyak  77 team yang ikut serta. Team dari UM yang mengukir prestasi tersebut memberi nama produk pembelajarannya yakni Smart Traffic Sign Games: Interactive Learning Multeamedia Based on Interactive Surface and Augmented Reality for Elementary School Students. Anggota kelompok tersebut terdiri dari lima mahasiswa yaitu Anton Agus Setiawan (FIP), Riza Aulia Afandi (FIP), Wahyu Pratama Putra (FIP), Deni Ainur Rokhim (FMIPA), Permata Windra Deasmara (FMIPA).


Kegiatan ini memiliki partisipasi yang terbuka untuk akademisi dari pusat akademik nasional dan internasional untuk memamerkan produk-produk pembelajaran dan pembelajaran inovatif. Dosen dan guru (termasuk trainee guru), pendidik guru, peneliti, pengembang materi dan kurikulum dan profesional dari sektor korporasi yang terlibat dalam pendidikan di seluruh Malaysia dan negara-negara tetangga turut hadir untuk berpartisipasi.

Semua peserta yang berpartisipasi mulai dari profesional (dosen, guru, praktisi, industri), Siswa IPTA / IPTS, dan siswa sekolah mengirimkan produk inovatif pada salah satu bidang yang sudah ditetapkan yakni bahasa dan pendidikan, sains dan teknologi, ilmu sosial dan inovasi umum (kategori terbuka, bukan produk pengajaran dan pembelajaran).

Dijelaskan Riza bahwa pelaksanaan kegiatan ini tidak ada oral presentation didepan juri dan semua peserta “Peserta yang ikut berpartisipasi banyak yang dari dosen, mahasiswa S1, S2 dan S3 dari berbagai negara. Untuk kegiatannya disana itu kita pameran biasa menampilkan produk dan karya setiap team. Membuat kreasi desain booth pameran dan penilaiannya dilakukan oleh juri yang keliling ke setiap booth dan setiap booth nya akan dinilai oleh 3 juri.” Jelasnya.

Anton dan Riza mengaku pertama kali mengikuti event internasional dan mendapatkan gold medals. “Pesannya untuk mahasiswa UM agar terus berjuang, karena tugas kita hanyalah berjuang, mengenai menang kalah kita serahkan kepada Allah. Semangat terus berprestasi, menjadi mahasiswa yang tak hanya berkutat dengan urusan akademik, tapi bisa berprestasi dalam hal non akademik.” pesan Anton selaku ketua team.

Riska Febrianti 

S1 Administrasi Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Malang (UM)