image_pdf
Peserta Rakor Kehumasan 2019 berfoto bersama

Makassar. Dalam rangka memperkuat kapasitas kehumasan lembaga-lembaga yang berada di lingkungan Kemenristekdikti, khususnya dalam hal diseminasi informasi melalui platform media sosial, Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kegiatan  yang diselenggarakan di Hotel Four Points Seraton Makassar, 29 – 31 Oktober 2019 ini diikuti oleh Kabag Kerjasama dan Humas (KSH) UM Dra. Hj. Komariyah dan Staf Humas UM Kartika Lazuardi, S.AP.

Rakor Kehumasan ini merupakan agenda tahunan Biro Kerjasama dan Komunikasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Salah satu agenda pada kegiatan rakor tersebut tentang penguatan kehumasan serta sosialisasi anugerah humas.

media expert, Prita Laura saat memberikan materi

Kepala Subbagian Komunikasi dengan Internal dan Layanan Informasi Publik Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Dinna Handini, menyatakan Rakor Humas kali ini bertujuan untuk penguatan kapasitas kehumasan lembaga-lembaga yang berada di lingkungan Kemenristekdikti, khususnya dalam hal diseminasi informasi melalui platform media sosial.

“Diharapkan, sinergi yang baik antar lembaga humas di lingkungan kerja Kemenristekdikti terus terbangun di masa yang akan datang,” kata Dinna.

Rangkaian acara Rakor Humas tahun 2019 ini juga menghadirkan beberapa pembicara yang menyampaikan topik bahasan bertujuan  untuk meningkatkan kinerja humas terutama dalam penyampaian informasi kepada publik dengan pemanfaatan media sosial yang dimiliki oleh masing-masing lembaga. Para pembicara tersebut diantaranya Nufransa Wira Sakti (Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan), dan Taufik Dahlan Kabag Hubungan Antar lembaga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyampaikan materi tentang Communicating Ministry of Education and Culture Policy to Public.

Selain pembicara dari Kemendikbud dan Kemenkeu, hadir juga perwakilan dari Facebook Indonesia yaitu Noudhy Valdryno dan Putu Yudhayang menyampaikan materi mengenai bagaimana mengoptimalkan media sosial milik lembaga pemerintah. Selain itu,  Dua orang media expert yaitu Prita Laura dan Nurjaman Mochtar(Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat) juga turut menyampaikan paparan, masing- masing tentang seni public speaking dan creative content.

Sementara itu Dra. Hj. Komariyah menyampaikan bahwa ada banyak ilmu baru yang didapat dari hasil Rakornas Kehumasan selama dua hari tersebut. “Sebagai seorang yang baru di dunia kehumasan, setelah sebelumnya banyak berkecimpung di fakultas, saya banyak mendapat tambahan pengetahuan kehumasan dan informasi khususnya tentang peran humas di perguruan tinggi. Selain itu saya juga mendapat wawasan tentang bagaimana melakukan publik speaking, penggunaan media sosial seperti Instagram, Twiter, Facebook untuk kehumasan langsung dari narasumber berkompeten seperti Prita Laura yang merupakan media expert,”jelasnya.

Kabag Kerjasama dan Humas (KSH) UM Dra. Hj. Komariyah
dan Staf Humas UM Kartika Lazuardi, S.AP.

“Saya berharap dengan diadakannya  rakor kehumasan ini setiap tahun dapat lebih meningkatkan koordinasi dan sinergi Biro Kerjasama dan Komunikasi Kemenristekdikti dengan humas PTN, LLDIKTI dan LPNK dibidang kehumasan,”harapnya.

Pewarta: Kautsar S. Humas UM (Diolah dari berbagai sumber)