image_pdf

Malang. Rabu, 13 Februari 2019 seluruh anggota Rapim Universitas Negeri Malang (UM) yang terdiri dari Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga, hingga Kepala Biro dan beberapa Kasubag mengunjungi langsung Wisma Tumapel untuk melihat kondisi riil penyelesaian renovasi bangunan. Wisma Tumapel yang terletak di JL Tumapel No.1, Kiduldalem, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur  ini telah direnovasi mulai tahun 2016 untuk tahap pertama dan dilanjutkan kembali renovasi tahap kedua pada tahun 2018. Sebagai perencanaan Wisma Tumapel ini akan dikembalikan fungsinya sebagai penginapan/guest house dan pendukung kegiatan manajemen kelembagaan UM.

Menurut Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Kunjungan ini dilakukan untuk melihat kondisi riil fisik bangunan yang sudah dikerjakan. “Dengan melihat kondisi riil penyelesaian renovasi itu kita dapat memikirkan dan merencanakan bagaimana  pemanfaatannya. Kita ingin segera memanfaatkan gedung ini,  salah satu kemungkinannya untuk  guest house dan untuk mendukung kepentingan-kepentingan manajemen kampus. Oleh karena itu kami memerlukan informasi riil  tentang kondisi bangunan di Wisma Tumapel,” uangkapnya.

“Saat ini Wisma Tumapel masih perlu banyak pembersihan dan pembenahan pada beberapa tempat. Kami akan berusaha agar dapat terselesaikan dan termanfaatkan  hingga bisa digunakan dengan baik. Saya berharap pemanfaatan gedung Wisma Tumapel ini dapat dimulai di tahun ini.  Mendatang Wisma Tumapel ini sebagian akan dimanfaatkan untuk mendukung manajemen kelembagaan, sebagian lain untuk wisma, sehingga nantinya akan ada kombinasi dalam pemanfaatannya,” jelasnya.

Sementara itu  Kepala ULPBJ UM Nur Yasin yang ditemui terpisah menyampaikan bahwa kondisi pemeliharaan renovasi wisma tumapel ini merupakan kelanjutan dari renovasi tahap pertama yang dilaksanakan pada tahun 2016 kemudian dilanjutkan kembali tahun 2018 untuk penyelesaiannya.

“Anggaran yang ada untuk menyelesaikan renovasi ini mencapai sembilan miliar. Untuk saat ini penyelesaian Wisma Tumapel memang belum maksimal, perlu ada penambahan dan penyelesaian pekerjaan secepat mungkin agar bangunan dapat digunakan lebih layak lagi. Mendatang bangunan ini akan dijadikan sebagai guest househome stay, hingga fasilitas yang dapat mendukung manajemen kelembagaan. Kami akan segera menyelesaikan pengerjaan renovasi tahap kedua ini dengan menambahkan pengerjaan akses instalasi IT dan mebeler. Semoga tahun 2019 ini dapat terselesaikan dengan baik dan lancar,”terangnya.

Pewarta           : Hayyu Erinda – Inernship Humas UM

Pewarta Foto   : Faizal Indaryanto – Internship Humas UM