image_pdf
Peserta Orientasi Akademik nampak semangat

Malang. Orientasi Akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahap V Tahun 2019 usai digelar pada Rabu (25/09). Bertempat di Aula Serbaguna Gedung PPG Lantai 9 Universitas Negeri Malang (UM) acara tersebut dihadiri sekaligus dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Budi Eko Sucipto, MI., M.Si. selaku Wakil Rektor 1 UM.

Peserta yang lolos ke Tahap V berjumlah 294 orang dari berbagai daerah yang dikelompokkan dalam beberapa program studi. Rincian program studi terdiri atas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sejumlah 70 peserta, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 81 peserta, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sejumlah 84 peserta, Teknik Otomotif sebanyak 27 peserta, serta Teknik Komputer dan Informatika sejumlah 32 peserta.

Prof. Dr. H. Budi Eko Sucipto, MI., M.Si. selaku Wakil Rektor 1 UM

Dalam sambutannya, Budi Eko memberikan gambaran persentase jumlah peserta yang lolos pada tahap 1 yakni  IPS 46.67 persen, IPA 57.7 persen, PGTK 48 persen, Teknik Otomotif 26 persen, dan Teknik Komputer dan Informatika 36 persen. Dengan melihat angka tersebut, beliau berharap para peserta termotivasi, sehingga dapat memempersiapkan yang terbaik dan lulus 100 persen.

“Saya yakin diawal semangat dulu, uji persiapan atau uji pengetahuannya dipersiapkan, apabila memiliki ilmu lebih hendaknya sharing dengan sesama. Pahami dan pelajari betul kisi-kisi yang sudah diberikan karena soal yang diberikan tidak jauh-jauh dari situ.” Ujar beliau ketika memberika motivasi kepada para peserta.

Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si memberikan materi

ProfDrEry Tri Djatmika, M.A., M.Si selaku Direktur Pascasarjana UM juga memberikan pesan kepada para peserta agar menjaga kesehatannya. “Saya berpesan pada bapak/ibu sekalian agar menjaga kesehatannya sampai akhir rangkaian acara, semoga dilancarkan, dan dapat memberikan yang terbaik hingga lulus semua.” Tuturnya.

Pada acara kali ini, Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si dihadirkan sebagai pemateri untuk memberikan poin-poin yang harus dipahami peserta sehingga dapat diaplikasikan.

Pewarta : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM

Fotografer : Tim Humas UM