image_pdf

Malang. Program pengembangan kualitas akademika Universitas Negeri Malang (UM) tidak hanya dengan segudang prestasi yang apik. Namun, UM juga melebarkan sayapnya dengan melakukan kerja sama di berbagai bidang. Salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan UM adalah dengan diadakannya kuliah tamu yang bekerja sama dengan One Asia Lecture Series (OALS) dan Asia Foundation Tokyo. Tahun ini acara Grand Opening OALS 2019 dihadiri 150 mahasiswa dari berbagai jurursan di UM, baik mahasiswa S1, S2, maupun S3 dan juga dihadiri oleh para pejabat tinggi Universitas Negeri Malang. Kegiatan OALS yang dilaksanakan pada Selasa (26/02) di Aula gedung O1 lantai 2 FMIPA Universitas Negeri Malang mengusung tema “Asian Community: Asian Philosophy, Culture, and Tradition of Peace”. Terpilihnya tema ini karena pada saat ini sedang gencar-gencarnya diusungkan nilai-nilai perdamaian di berbagai negara. Selain itu, alasan terpilihnya tema tersebut karena rasa kurangnya toleransi yang melekat pada diri individu setiap orang. Pada dasarnya mahasiswa adalah penerus bangsa yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa dan panutan sebagai orang yang berpendidikan.

Acara yang diadakan di bawah naungan Hubungan Internasional (HI) UM ini diharapkan akan sukses seperti tahun lalu yang berhasil mengantarkan 3 orang mahasiswa UM untuk menimba ilmu di Jepang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur HI UM Evi Eliana pada sambutannya mengenai laporan keberhasilan acara tersebut kepada Wakil Rektor (WR) IV UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. Selain itu, WR IV UM menyampaikan bahwa “Civitas akademika UM memberikan apresiasi positif atas berlangsungnya kegiatan ini dan mari kita bersama-sama dengan sebaik-baiknya dan tidak mundur sampai 8 minggu. Sayangnya, ini adalah kerja sama terakhir yang dilakukan HI UM dan OALS. Namun, Ibu. Evi bersama timnya diharapkan bisa memperpanjang kerja sama ini,” dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan OALS tahun 2019 ini. 

Kegiatan ini mendatangkan dua pemateri handal yaitu Kuston Sultoni dan Kelik Desta Rahmanto. Materi yang disampaikan oleh pemateri pertama yaitu Kuston Sultoni adalah “Education for peace I: Sports Science for Character Building” dan materi yang disampaikan oleh pemateri kedua adalah “Fostering Culture of Peace through Arts: Peace Education Through Music”

Jurnalis            : Salsabila Indana – Internship Humas UM

Fotografer       : Salsabila Indana – Internship Humas UM