image_pdf

Kabupaten Malang – Banyaknya home industri di lokasi KKN membuat mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melakukan rebandring label dan packaging produk. Salah satu giat dilakukan pada usaha Keripik “Anugrah” di Desa Tempursari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang melalui inovasi KKN Desa Tempursari dengan menggunakan standing pouch.

Menurut Titin Santia Oktavianti selaku anggota KKN Desa Tempursari, kegiatan ini dilakukan untuk menarik minat konsumen dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan. “Asal muasal inovasi ini diperoleh dari survei yang mana terdapat beberapa home industry masih menggunakan kemasan biasa seperti plastik tipis sehingga kurang menarik. Lalu kami ambil salah satu usaha untuk sampel, dibuat desain stiker lalu jadilah packaging yang baru” ungkapnya.

Sementara itu Yanti selaku pemilik usaha keripik “Anugrah” di Desa Tempursari merespon dengan baik pembuatan branding label dan packaging ini. “Harapan saya kedepan home industri ini semakin maju dan laku dipasaran karena adanya pembaruan kemasan dan label sebagai pembeda produk dan sebagai sarana informasi ke konsumen. Terima kasih anak-anak KKN sudah peduli pada masyarakat khususnya Desa Tempursari tempat KKN selama 1,5 bulan. Dengan adanya program kerja yang diadakan mahasiswa KKN warga sekitar terbantu, salah satunya usaha milik saya. Mahasiswa memiliki ide kreatif untuk mengembangkan usaha saya agar pangsa pasarnya semakin meningkat salah satunya dengan dibuatkan desain label sebagai tanda pengenal produk usaha milik saya dan media sosial untuk sarana promosi dan penjualannya.” ungkapnya.

Untuk merealisasikan program kerja ini, KKN Desa Tempursari menciptakan desain sticker untuk label yang nantinya dicetak dan ditempel pada kemasan standing pouch paper yang ramah lingkungan. Drs, H. Bambang Djatmiko, ST., MT selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berharap semoga adanya pembuatan desain label dan pembaruan kemasan ini dapat meningkatkan nilai produk, pangsa pasar dan daya tarik konsumen, tujuan diberikan rebranding dan pembaruan packaging pada usaha ialah sebagai pembeda produk, sebagai sarana informasi, dan meningkatkan kredibilitas produk sebelum pelanggan membelinya.

Mahasiswa KKN Desa Tempursari kedepannya juga berencana memproses pengurusan PIRT ke Dinas Kesehatan. Sekarang ini sedang dilakukan pendataan seluruh potensi yang ada karena data yang ada di Desa kurang lengkap yang disebabkan warganya belum melaporkan usaha yang dijalankan.

Pewarta: TItin Santia Oktavianti -Mahasiwa S1 Pendidikan Tata Niaga FE UM