image_pdf

Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. bersama jajaran saksi melantik Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru dengan menyelenggarakan pengambilan Sumpah/Janji. Ada 27 orang PNS yang baru saja diangkat/terdaftar. Pengambilan sumpah tersebut diselenggarakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Aula Lantai 9 Graha Rektorat UM pada Selasa (28/6).

Sebelum membacakan sumpah janji bersama dengan PNS baru, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. mengingatkan perihal tanggung jawab yang akan diemban setelah resmi mengucapkan sumpah/janji PNS. “Sebelum saya membacakan sumpah janji PNS yang akan saudara ucapkan ini mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara republik Indonesia, tanggung jawab tersebut meliputi memelihara Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, serta tanggung jawab kepada kesejahteraan rakyat. Sumpah/janji ini disaksikan oleh diri sendiri, seluruh undangan yang hadir, serta Tuhan yang Maha mengetahui segalanya,” ucap Prof Rofi.

“PNS atau tidak PNS di mata UM itu sama, yang penting adalah kinerjanya. Kinerja yang dituntut dari dosen terutama adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setelah itu, tugas utama sebagai dosen adalah mendidik. Sebelum mendidik, para dosen harus menyempurnakan pengetahuan. Dari 26 PNS yang disumpah hari ini, hanya terdapat 3 yang sudah Doktor. Jadi, meskipun persyaratan dosen S2 sudah cukup, akan tetapi itu hanyalah tiket masuk, sehingga untuk kedepannya target dosen setelah berkecimpung di dunia kampus adalah melanjutkan studi S3. Hal tersebut merupakan indikator baik atau tidaknya bagi suatu universitas. Negara sudah banyak menyediakan beasiswa, bahkan kampus sudah mengupgrade Sipejar untuk dapat melatih kemampuan bahasa Inggris mahasiswa sebagai persiapan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi”. 

Adapun PNS yang diangkat adalah satu pegawai dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dua pegawai dari Fakultas Sastra (FS), sembilan pegawai dari Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), empat pegawai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), tiga pegawai dari Fakultas Teknik (FT), dua pegawai dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), tiga pegawai dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dua pegawai dari Fakultas Psikologi (FPsi), serta satu pegawai dari Pascasarjana. Acara sumpah/janji PNS ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Rektor, serta pengurusan berkas-berkas PNS oleh masing-masing pegawai yang diangkat. 

Pewarta: Luthfi Maulida -Internship Humas UM