image_pdf
Penelusuran Literatur Relevan Melalui VOSViewer Software yang Dilakukan Oleh Tim

Malang, 2020 – Tim PKM PE (Pekan Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta) Kimia FMIPA UM yang didanai Kemendikbud sedang melakukan penelitian pengajian efisiensi inhibitor lignin ekstrak Borassus flabellifer Linn. yang dikenal sebagai pohon siwalan lokal yang banyak tumbuh di Indonesia sebagai metode penanganan korosi pada baja karbon rendah. Tim PKM PE FMIPA Kimia UM yang diketuai oleh Siti Khoirunnisa, mahasiswa kimia FMIPA UM angkatan 2017 ini memberi keterangan bahwa penelitian ini sedang dilakukan secara daring.

“Dikarenakan adanya situasi pandemik yang tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas secara luring, maka dari pihak Kemendikbud dalam Addendum 2020 memberikan keterangan pelaksanaan penelitian ini dilakukan secara daring termasuk aktivitas penelitian pun juga dilaksanakan secara daring” Jelas mahasiswa kimia FMIPA UM, yang kerap disapa sebagai Nisa.

Penelitian Secara Komputasi yang Dilakukan Oleh Tim

Penelitian tersebut dilakukan secara daring, beberapa hal juga menjadi kendala dalam pelaksanaan penelitian, namun Nisa menjelaskan adanya kerjasama tim dan peran dari pihak kampus sangat membantu kinerja dalam melakukan penelitian yang hanya dapat dilaksanaan secara daring. “Iya, penelitian ini hanya mengkaji data sekunder dari rujukan literatur relevan untuk menguatkan gagasan ini dan menyatakan bahwa gagasan ini dapat di implementasikan sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi, namun disini kami berupaya melakukan yang terbaik apabila selaiknya pengambilan data masih dapat dilakukan secara daring (pendekatan penelitian secara komputasi)” Tuturnya.

Dalam penelitian ini tim PKM PE Kimia FMIPA UM Nisa, sangat berharap agar segala konstribusi yang diberikan tim dapat memberikan hasil yang maksimal walaupun penelitian yang dilakukan sangat terbatas ruang gerak dan waktu, namun terlepas dari itu semua peran dari berbagai pihak sangat mendukung dalam upaya menghasilkan output yang terbaik.

Pewarta: Nadia Erlina Mayangsari – Mahasiswa Jurusan Kimia UM

Pewarta foto: Siti Khoirunnisa – Mahasiswa Jurusan Kimia UM