image_pdf
Tampak Depan Gerbang Utama UM Jl. Semarang

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) terus melakukan pembangunan dan perenovasian sarana dan prasarana di beberapa spot lokasi kampus utama untuk mendukung fasilitas bagi seluruh civitas akademika UM. Proyek terbesar saat ini adalah perenovasian gerbang utama Jl. Semarang dan menara taman bundaran UM. Jangka waktu pelaksanaan proyek ini adalah 110 hari sejak tanggal 9 September s.d 27 Desember 2019.

Perenovasian ini, jelas Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) UM, telah direncanakan jauh jauh hari, mengingat beberapa kekurangan gerbang utama jl. Semarang diantaranya adalah ketinggian gerbang yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan besar. Hal ini penting untuk dilakukan, karena UM sering mendapatkan kunjungan dengan rombongan yang mengendarai kendaraan besar serta antisipasi terhadap kebakaran juga menjadi salah satu alasan, sehingga nantinya kendaraan pemadam kebakaran bisa dengan mudah melewati gerbang utama. Selain itu, perenovasian landscape taman bundaran UM dilaksanakan untuk menciptakan icon UM yang menyesuaikan dengan kemegahan gedung Graha Rektorat.

Nur Yasin, S.Pd., selaku ketua ULP UM

“Nanti jika kita melihat dari depan, maka kemegahan gedung Graha Rektorat akan diimbangi dengan megahnya gerbang jl. Semarang dan menara UM dalam landscape taman bundaran. Sehingga, akan membentuk perpaduan yang pas, indah dan megah untuk menjadi spot utama dari kampus kita. Jadi kunjungan dari manapun bisa mengambil foto di menara dan taman bundaran UM dengan background gedung Graha Rektorat untuk kenang-kenangan,” ujar Nur Yasin, S.Pd., selaku ketua ULP UM.

Rencana desain menara UM yang dibangun memiliki icon logo UM yang berbentuk lingkaran tanpa adanya tulisan Universitas Negeri Malang karena nama tersebut telah dipasang di papan nama tepat di sebelah timur menara UM. Dekat dengan menara, air mancur dan lampu-lampu dibangun untuk menambah keindahannya. Kondisi taman pun juga dipercantik sehingga bisa menjadi taman wisata bagi siapapun yang berkunjung, mahasiswa, tamu maupun warga sekitar UM.

“Desain pintu gerbang utama, menara, dan landscape taman bundaran UM dibuat sedemikian rupa sehingga dapat diterima di masa kini dan masa depan. Dari desain itu dapat mencerminkan bahwa inilah kemegahan Universitas Negeri Malang,” tambah ketua ULP UM saat diwawancarai pada Selasa (26/11) kemarin.

Pewarta: Ulya Azizah Fitriya – Internship Humas UM