image_pdf

Malang. “Kalian harus bisa menjadi contoh bagi mereka yang bukan pengurus” demikian cuplikan pesan yang disampaikan oleh Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M. Pd., saat melantik para pengurus organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) Universitas Negeri Malang (UM). Acara yang dilaksanakan di Gedung A3 lantai 2 pada Jumat (14/02) itu dihadiri oleh para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) periode 2020. Turut hadir pula Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arrifin, M. Pd, Kabag Kemahasiswaan UM Drs. Taat Setyohadi, para pembina UKM, dan para Wakil Dekan III dari masing-masing fakultas.

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan pembacaan surat keputusan oleh Kabag Kemahasiswaan. Sebelum memasuki acara inti yakni Pelantikan pengurus ORMAWA UM periode 2020, terlebih dahulu mereka mengikrarkan janji pengurus. Prosesi selanjutnya adalah penandatanganan janji pengurus oleh Rektor UM Prof. Rofi’uddin, ketua BEM terpilih Moch Haikal Hidayatullah, ketua DPM, dan perwakilan dari UKM UM.

“Kalau lima butir yang dibunyikan saat ikrar tadi telah dilaksanakan sebenarnya sudah selesai tugas saya sebagai Rektor” Ujar Dr. Rofi’uddin mengawali pidatonya setelah pelaksanaan prosesi pelantikan. Kedepan baliau berharap agar para mahasiswa lebih berpartisipatif dalam kehidupan sosial.

Dalam pidatonya beliau menyampaikan tiga poin penting bagi para pengurus ORMWA, yaitu: 1) Esensi kehidupan bahwa meskipun manusia dilahirkan sebagai makhluk individu ia juga makhluk sosial maka yang akan dijalani selama satu tahun kedepan merupakan bekal di masa depan, 2) Era sekarang bukan masanya kuliah lama, sesibuk apapun mengurus organisasi tugas pertama adalah kuliah, 3) Adanya target yang harus dipenuhi oleh setiap organisasi karena terdapat kontrak kerja antara Kampus dan Kemendikbud RI.

Pewarta: Arya-Internship Humas UM