image_pdf
Potret salah satu peserta yang serius mengerjakan materi uji sertifikasi kompetensi

Malang. Memasuki era globalisasi dimana persaingan kerja sangat ketat, belum lagi adanya situasi pandemi yang membuat lowongan pekerjaan semakin sedikit maka diperlukan kesiapan diri calon pekerja agar memiliki kompetensi mumpuni dan diakui. Hal ini salah satunya dapat diupayakan melalui keikutsertaannya dalam uji sertifikasi kompetensi yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Guna mewadahi hal tersebut, prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran (PADP) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang oleh Lembaga Sertifikasi Profesi  Administrasi Perkantoran (LSP AP)  diberi mandat sebagai Tempat Uji Kompetensi (UTK) melakukan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran.

Tampak ruang pelaksanaan kegiatan yang menerapkan protokol
kesehatan pandemi covid-19

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yakni pada tanggal 10-12 November 2020 ini bertempat di TUK AP  (Lembaga Sertifikasi Profesi – Administrasi Perkantoran) UM yaitu Gedung D8 dan D12 Fakultas Ekonomi UM. Acara diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ekonomi yaitu Bapak Dr. H. Cipto Wardoyo, SE., M.Pd, M.Si. Ak,CA.

Melalui sambutan yang diberikan, beliau memberikan penghormatan kepada jajaran pelaksana dan penanggungjawab kegiatan ini serta memberikan pesan kepada peserta “Kegiatan ini tidak sekedar Anda (mendapatkan) mendapatkan sertifikat, lebih dari itu, sertifikat ini nantinya memiliki makna yang amat penting karena menggambarkan kompetensi/kemampuan yang Anda miliki dan menjadi nilai tambah apabila Anda sudah lulus dan ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan.”

Salah satu peserta ketika melakukan uji sertifikasi
kompetensi materi menangani telepon

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Direktur LSP-AP, Bapak Drs. H. Jamil Latif, MM., M.Pd. Si dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan sekaligus laporan kegiatan oleh Ketua Panitia kegiatan sekaligus ketua TUK AP UM yaitu Ibu Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.Pd selaku Koor. Prodi S1 PADP FE UM.

Setelah ketiga sambutan terlaksana, peserta langsung melakukan serangkaian Uji Sertifikasi Kompetensi yang dinilai oleh lima asesor yaitu Ibu Dr. Hady Siti Hadijah M.Si, Ibu Dra. Hj. Dewi Setiati, Bapak Dr. Rasto, M.Pd., Bapak Dr. Sambas Ali Muhidin, M.Si kesemuanya dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Bapak Drs. H. Jamil Latif, MM., M.Pd. Si dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta.

Suasana ketika peserta melakukan uji sertifikasi kompetensi
bidang keahlian administrasi perkantoran

Peserta yang tergabung berjumlah 85 peserta yang terdiri dari 69 mahasiswa S1 Jurusan Manajemen UM yang dipilih melalui seleksi awal dari 91 mahasiswa pendaftar, 8 mahasiswa pasca sarjana UM serta kalangan profesional, dan 8 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Materi yang diuji meliputi memproduksi dokumen, menangani penerimaan dan pengiriman dokumen/surat, mengelola arsip, mengoperasikan aplikasi perangkat lunak,  membuat dokumen elektronik,   mengelola informasi melalui homepage dan email,  membuat materi presentasi, menangani telepon, serta mengelola pertemuan (rapat).

Peserta dan panitia melakukan pose jargon Kompetensi LSP-AP

Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan hasil yang diperoleh dapat menjadi bekal mahasiswa ketika nanti lulus dan berkeinginan untuk mencari pekerjaan di perusahaan, baik swasta maupun negeri sehingga mampu bersaing dengan pencari kerja lainnya dari berbagai kalangan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pewarta: Filianti, S.Pd (lulusan S1 PADP Jurusan Manajemen FE UM)