image_pdf

Tim Humas dan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Negeri Malang (UM) pada hari Senin (26/02) menerima kunjungan dari tim humas Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Pada kunjungan tersebut, tim humas dari UTM dipimpin oleh Wakil Rektor I, Dr. Achmad Amzeri, S.P., M.P. Pada kesempatan yang berbahagia ini koordinator dan para jajaran PPID UM menyambut hangat kedatangan tim humas UTM di Graha Rektorat UM. 

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I UTM, Dr. Achmad Amzeri, S.P., M.P. menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke UM. “Kami dari UTM ingin belajar terkait dengan organisasi dan tupoksi di PPID UM”. Amzeri menilai pengelolaan PPID UM ini patut untuk dijadikan guru, melihat rekam jejaknya yang sangat baik.

Direktur Perencanaan, Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerja (PDIPHK), Dr. Yuni Rahmawati, ST, MT menyambut hangat tim humas dari UTM tersebut. Dalam sambutannya, beliau juga mengenalkan struktur organisasi di PPID UM. Selain itu beliau juga menginformasikan capaian Humas UM yang telah meraih beberapa penghargaan dalam anugerah Diktiristek 2023.

Dra. Komariyah sebagai kepala sub direktorat humas juga menyambut kedatangan Tim Humas UTM tersebut. Beliau menceritakan semangat produktivitas pengelolaan PPID UM selama ini. ”Setiap fakultas di UM harus memiliki PPID sendiri, untuk membantu kita dalam mengelola informasi publik”, ungkap Komariyah. 

“Selain itu kita di humas ini memiliki program internship untuk mahasiswa, mereka bertugas membantu kita di PPID”, tambahnya. 

Tim Humas UTM secara khusus tertarik untuk mempelajari strategi PPID UM dalam mengatasi tantangan seperti manajemen arsip digital, keamanan informasi, dan pemenuhan standar regulasi yang berkaitan dengan informasi dan dokumentasi. Mereka juga meninjau sistem teknologi informasi yang digunakan oleh PPID UM untuk mendukung pengelolaan informasi yang efisien.

Selama kunjungan, tim UTM berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan staf dan koordinator PPID UM. Mereka bertukar pengalaman serta berbagi tantangan dan solusi dalam mengelola informasi di lingkungan perguruan tinggi.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi UM maupun UTM dalam upaya untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas tata kelola informasi mereka, serta memperkuat hubungan antara kedua institusi pendidikan tinggi yang terlibat. Hal ini merupakan langkah penting untuk menjaga dan meningkatkan standar kualitas dalam pengelolaan informasi di masing-masing lembaga.

Pewarta: Tri Anggara – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM