image_pdf

Malang. Inovasi menjadi hal yang banyak dilakukan saat ini, mulai dari Gojek, Bukalapak dan Tokopedia yang menjadi salah satu bentuk inovasi di bidang ekonomi yang paling maju saat ini. Tidak hanya itu sekarang ini perlu banyak sekali entreupreuner muda yang mau bergerak untuk memajukan Indonesia. Salah satu caranya yaitu dengan memahami ilmu ekonomi yang ada.

Salah satu yang membuktikan hal tersebut adalah Syahroni Al Kadzir, mahasiswa Geografi Universitas Negeri Malang ini meraih Gold Medal dan Best Presentation Award dalam acara 1st Brawijaya Youth Economic Forum. Acara yang baru pertama kali diselenggarakan ini mengundang berbagai peserta dari seluruh Indonesia bahkan Dunia. Acara yang diselnggarakan pada 24-25 Januari 2019 menarik bagi beberapa peserta asing di dunia. Terlihat dari banyaknya peserta asing yang terlibat yaitu 41 Peserta yang tersebar dari Korea Selatan, Malaysia, Palestina, India, dan beberapa negara dari Afrika, Indonesia (International Student).

1st Brawijaya Youth Economic Forum menjadi salah satu terobosan/platform bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide dan hasil risetnya dalam forum ilmiah internasional, namun hal ini masih kurang diminati. Pengembangan ide dengan menjadi speaker dalam forum ilmiah sangat menguntungkan bagi kita sebagai mahasiswa, karena selain kita mendapat ilmu baru juga akan mendapatkan relasi yang baru juga.

Kegiatan ini sangat memicu pengembangan dan raise awarness di kalangan mahasiswa internasional khususnya Asia Pasifik serta pelaksanaan kegiatan yang dihadiri oleh CEO muda Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnisnya sesuai era Revolusi Industri 4.0. Selain itu presenter harus mamaparkannya dalam bahasa Inggris menjadi tantangan yang lain juga.

Harapannya akan muncul star up yang lainnya dengan dimulai memahami ekonomi dalam era sekarang seperti apa. Tidak ada yang mustahil di dunia ini karena kalau yang notabene orang geografi mampu, kenapa kalian tidak.

Pewarta : Nuri Riskian – Internship Humas UM