image_pdf
Sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Malang. Masa pandemi bukanlah penghalang bagi Universitas Negeri Malang (UM) untuk menyambut mahasiswa baru 2021. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang, UM menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 secara daring, baik sinkron maupun asinkron pada tanggal 16 – 20 Agustus 2021. Seluruh rangkaian kegiatan dan panduan PKKMB UM 2021 dapat diakses pada website (www.pkkmb.um.ac.id) sehingga mempermudah mahasiswa baru memperoleh informasi yang akurat.

Opening ceremony dilaksanakan pada hari pertama dengan sambutan Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. “Selamat datang mahasiswa baru UM, kalian telah menjadi bagian dari civitas akademika yang masuk dalam klaster satu perguruan tinggi terbaik dan menjadi unggulan serta rujukan dalam inovasi pembelajaran,” ujar Rektor.

Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga memberikan sambutannya dalam opening ceremony PKKMB UM 2021. Beliau mengatakan bahwasannya menjadi mahasiswa akan memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan masa depan.

Tak hanya itu, ucapan selamat dari para tokoh daerah dan nasional pun turut serta menyambut mahasiswa baru UM melalui video rekaman. Beberapa tokoh tersebut antara lain: Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP. (Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI), H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. (Gubernur DKI Jakarta), H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. (Gubernur Jawa Tengah), Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (Gubernur Jawa Timur), Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. (Menteri Ketanagakerjaan RI), Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. (Menteri Desa dan PDT RI), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. (Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila [BPIP] RI), dan masih banyak lagi sambutan lainnya.

PKKMB UM kali ini memiliki tujuan menjadikan mahasiswa memiliki jiwa nasionalisme dan bertanggung jawab, cinta almamater, serta memperkenalkan kiat sukses belajar melalui praktik merdeka belajar. Tujuan tersebut dikemas dengan baik melalui pembekalan materi yang disajikan melalui tiga sumber belajar, yakni: video, PPT, dan suplemen/makalah pada jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, dilakukan juga asesmen dan evaluasi belajar pada setiap materi. Hal ini dilakukan untuk memastikan para peserta menguasai dan tuntas mengikuti PKKMB UM 2021.

Prof. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I. selaku ketua panitia pelaksana PKKMB UM tahun 2021 menuliskan pesannya teruntuk mahasiswa baru UM. “Semoga kegiatan ini dapat mempercepat proses adaptasi, mengakselerasi prestasi, dan mengantarkan kalian nantinya “lulus bermutu – tepat waktu.” ujarnya.

Pewarta : Risa Ramadania – Internship Humas UM