image_pdf
Kegiatan refleksi dan zikir akhir tahun dengan tema “Tahun Baru Hijriyah, menghadirkan Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag., sebagai penceramah. 

Dalam rangka menyambut tahun baru 1444 H, Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama dan Kuliah Universiter (P2KBKU) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kegiatan refleksi dan zikir akhir tahun dengan tema “Tahun Baru Hijriyah, Momentum untuk Meningkatkan Ketaqwaan dan Semangat Berkarya”. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat (29/07/2022) di Masjid Al-Hikmah UM dan dimulai setelah melaksanakan Shalat Jumat berjamaah, yaitu pukul 12.30 hingga selesai. Kegiatan menghadirkan Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag., sebagai penceramah. 

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Mochammad Rizal Ramadhan, S.Pd.I., M.Pd., dan dilanjut sambutan dari Kepala Pusat P2KBKU, Dr. Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana bagi UM melakukan refleksi dan zikir akhir tahun Hijriah. Dr. Khasairi berharap bahwa acara yang direncanakan akan rutin dilakukan ini dapat berlanjut dengan lancar dan lebih meriah. ”Mudah-mudahan acara ini diridhai oleh Allah SWT dan memberikan hikmah kepada semuanya yang hadir, sehingga hidup kita di tahun depan jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya,” harap beliau.

Kegiatan dilanjut dengan penyampaian tausiah oleh Prof. Abdul Haris. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang periode 2017-2021 ini mengaku kagum dengan dedikasi UM dalam menyambut tahun baru Hijriah. Beliau mengapresiasi kontribusi UM dalam menjalankan kehidupan beragama sangat luar biasa. Dalam penyampaian tausiahnya, beliau berpesan bahwa di era digital yang serba cepat, jangan sampai waktu habis digunakan untuk berkutat dengan gawai. Beliau menyampaikan bahwa apa yang dilakukan di masa lalu akan berdampak ke masa kini dan apa yang terjadi sekarang akan berdampak ke masa yang akan datang. “Oleh karena itu, di hari Jumat akbar ini, di hari terakhir dari tahun 1443 H, kita coba sejenak kembali ke belakang. Merefleksi apa yang sudah kita lalui untuk mempersiapkan setahun yang akan datang,” pungkas beliau.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM