image_pdf

Malang. Di tengah pandemi COVID-19, Tim PKM-M Sci-Home Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR) bagi Guru Pembina ekstrakurikuler KIR SMP/MTs se-Kabupaten Malang. Program ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menggiatkan kembali ekstrakurikuler KIR pada sekolah-sekolah.

Kemampuan guru dalam meneliti dan menulis masih tergolong rendah. Padahal guru dituntut memiliki kompetensi profesional dalam menulis karya ilmiah hasil penelitian dibidang pendidikan. Di sisi lain, pembinaan yang dilakukan terhadap guru selama ini cenderung belum mencerminkan kebutuhan mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut, Tim PKM-M Sci-Home menginisiasi pembinaan KIR. Pembinaan KIR oleh Tim PKM-M Sci-Home UM ini dapat mengasah potensi siswa dalam ajang penulisan karya ilmiah. Di sisi lain, program yang telah berlangsung secara daring via google meet pada Senin (17/08) ini juga menjadi sarana pemenuhan kelayakan profesi guru.

Dosen pembimbing Tim PKM-M Sci-Home, M.Muchson, M.Pd., membuka secara resmi program ini ditengah 68 peserta pembinaan KIR. Muchsin menjelaskan bahwa KIR sangat penting bagi anak didik, salah satunya agar tercapainya tujuan pembelajaran dalam abad 21 yakni untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi. “Ekstrakurikuler KIR sangat dibutuhkan untuk menunjang pengembangan keterampilan komunikasi siswa dalam ranah ilmiah, tidak melulu harus menang/juara dalam suatu lomba”, jelas Muchson.  

Pembinaan KIR kali ini membahas mengenai pengenalan karya tulis ilmiah oleh Aulia Qisti dan etika sains oleh Salma Afifah. Aulia menjelaskan bahwa pandemi COVID-19 dapat menjadi masa berkarya dan pematangan ide. “Pandemi ini bukan menjadi hambatan dalam berkarya, tetapi menjadi ajang dalam mengasah potensi diri melalui penulisan karya ilmiah”, tutur Aulia. Dalam kesempatan yang sama, Salma Afifah menyampaikan secara tegas bahwa saat ini etika sains perlu ditingkatkan, terutama dalam menghindari plagiarisme pada penulisan karya ilmiah.

Dalam kesempatan ini, Ketua MGMP MTs Se-Kabupaten Malang, Bapak Suliadi, S.Pd., menyampaikan bahwa “Terima kasih pada tim PKM-M FMIPA UM dan Bapak/Ibu dosen pembimbing yang berkenan bekerja sama dengan MGMP MTs Se-Kabupaten Malang untuk mengadakan kegiatan pembinaan guru ekstrakulikuler KIR Se-Kabupaten Malang, dan semoga dengan adanya kegiatan ini diharapkan KIR akan lebih meningkat, berprestasi, dan membawa manfaat bagi peserta didik dan lembaga MTs Se-Kabupaten Malang”. Ungkapnya.

Kegiatan yang diinisiasi Tim PKM-M Sci-Home UM ini bertujuan untuk menghidupkan kelompok bimbingan KIR di SMP/MTs Se-Kabupaten Malang yang bisa berjalan seperti kegiatan ekstrakulikuler yang berjalan secara rutin walaupun sedang tidak mengikuti perlombaan.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM