image_pdf

Malang. Science Entrepreneurship Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) sukses melaksanakan Business Plan Challenge. Event dengan tema “Brave Your Steps to be a Young Creative Entrepreneur” ini merupakan salah satu upaya menciptakan peluang lapangan kerja kepada lingkungan sekitar.

Ketua Pelaksana  Business Plan Challenge, Ela Agustin menjelaskan bahwa Business Plan Challenge terinsipirasi dari fenomena masih banyaknya mindset masyarakat yang masih menggantungkan diri menjadi pegawai negeri. Menjadi pegawai negeri dinilai dapat menopang kehidupan mereka dengan layak dan berkecukupan.

Padahal, melimpahnya kekayaan Indonesia dapat membuka peluang untuk membuka lapangan pekerjaan baru. “Kegiatan ini dapat memberikan motovasi dan tambahan pengetahuan mengenai kewirausahaan terutama untuk mahasiswa baru FMIPA UM angkatan 2020, sebagai langkah awal untuk mengenal bisnis dan berwirausaha kedepannya”, jelas Agustin.

Business Plan Challenge ini memiliki dua rangkaian acara yakni Talkshow Kewirausahaan yang diisi oleh Happy Jessica P. W. (Owner Sehati dan Chicken Bowl) dan Ari Gunawan (Owner Kerabatani) pada Sabtu (10/10) lalu. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FMIPA UM, Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si. memaparkan bahwa wirausaha sangat penting untuk menyongsong kehidupan di era saat ini.

Dr. Sentot juga menjelaskan bahwa era disruptif saat ini tidak menutup kemungkinan bahwa pegawai negeri akan tidak dibutuhkan lagi karena telah tergantikan oleh teknologi yang semakin pesat. “Maka dari itu mulailah untuk memulai berwirausaha sejak dini setidaknya mulai sejak kuliah sehingga mampu mendapatkan penghasilan sejak masih kuliah”, pesannya.

Pada Sabtu (17/10), Business Plan Challenge disusul dengan kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa baru FMIPA UM Angkatan 2020. Peserta mempresentasikan karyanya dihadapan beberapa juri yang kompeten dibidangnya yakni Agung Witjoro, S.Pd. M.Kes. selaku Pembina Science Entrepreneurship 2020, Fadhil Fathurochman selaku Presiden Mahasiswa FMIPA UM 2020, dan Annisa Fajrina selaku Ketua Umum Science Entrepreneurship 2020. Walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, namun antusiasme peserta sangat tinggi.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM