image_pdf

Malang. Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) sukses jalin kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada Rabu (14/12) di Ruang 212 Gedung A12 PPG Pascasarjana UM. Kerjasama internasional tersebut dihadiri oleh Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, para Koorprodi Sekolah Pascasarjana, dan para dosen pascasarjana. 

Dr. Ade Eka Anggraini selaku Staf Hubungan Internasional Sekolah Pascasarjana UM menyatakan bahwa dalam kerjasama internasional tersebut, yakni antara UM dan UTM menyepakati setidaknya lima poin. “Lima poin yang akan disepakati dalam kerja sama ini adalah International Research Collaboration, Learning Service atau Pengabdian kepada Masyarakat Internasional, Students Mobility, Join Publication dan Join Supervision for Doctoral Students.

Poin pertama adalah adanya International Research Collaboration antara UM dan UTM yang diadakan setiap awal tahun. Pada kolaborasi penelitian ini, peneliti harus berkolaborasi dengan mitra peneliti dari luar negeri yang tidak hanya sebatas dengan UTM saja, tetapi juga dengan institusi yang lain. Sedangkan output yang diharapkan dari program tersebut berupa artikel yang dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks Scopus.

Poin kedua adalah Learning Service atau Pengabdian kepada Masyarakat Internasional yang  tidak hanya terbatas antara Indonesia dan Malaysia saja, tetapi juga melibatkan negara lain seperti Kamboja. Terdapat empat perguruan tinggi yang mengikuti program tersebut, yaitu UM; Universiti Putra Malaysia; UTM; dan Paragon International University. Sekolah Pascasarjana UM mengirimkan tiga orang dosen berikut dengan Direktur Sekolah Pascasarjana, dan tiga orang mahasiswa. Dalam pelaksanaannya, keempat perguruan tinggi tersebut sudah mendapat bagian aktivitas masing-masing.

Poin ketiga adalah Students Mobility (In-Bound/Out-Bound). Program ini bertujuan untuk mengirim mahasiswa UM melakukan program singkat di luar negeri, mengirim mahasiswa luar negeri untuk melakukan program singkat di UM, dan bagi mahasiswa S3 output yang diharapkan adalah berupa publikasi ilmiah pada jurnal internasional. Saat ini pun, terdapat mahasiswa S3 UM yang mengikuti program Visiting Student di UTM.

Poin keempat adalah Join Publication, berupa kerjasama publikasi SPs UM dengan peneliti UM. kerjasama tersebut berkaitan dengan pengelolaan jurnal.  Sedangkan poin kelima adalah Join Supervision for Doctoral Students. Pada program ini, Dosen/Profesor dari UTM dapat menjadi supervisor disertasi mahasiswa S3 di sekolah pascasarjana UM. 

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM.