image_pdf

Malang. Inilah seminar nasional yang serasa Internasional. Pasalnya, Seminar Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang dilaksanakan oleh Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2021 pukul 13.00-16.00 WIB ini dibanjiri oleh peserta luar Negeri, utamanya Mesir, Marokko, Iraq dan Al-jazair. Total pendaftar mencapai 720, terdiri atas pendaftar dalam negeri sejumlah 333 dan dari luar negeri sejumlah 387. Seminar virtual yang dihadiri oleh 28 negara di dunia ini menganbil tajuk:“Isu-isu Mutakhir Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Arab”.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Sastra UM, Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D. Dalam Sambutannya, Ibu Utami menyampaikan apresiasi terhadap terselenggaranya seminar dan berharap ajang ini menjadi momentum untuk menambah wawasan para peserta dalam penelitian pendidikan bahasa Arab sehingga diharapkan akan muncul penelitian-penelitian baru yang lebih aktual.

Adapun Ketua Jurusan Sastra Arab, Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum. dalam sambutannya lebih mengenalkan program-program penting yang akan diadakan oleh Jurusan Sastra Arab di tahun 2021, termasuk mengenalkan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UM sebagai Prodi terbaik di Indonesia versi Sinta.

Para peserta seminar nasional berfoto bersama

Seminar yang dimoderatori oleh Ibu Laily Maziyah, M.Pd. ini mengundang narasumber dari 4 instansi, yaitu: (1) Dr. Ahme Elaraby Taha dari Al-Azhar Asy-Syarief Mesir, (2) Dr. Irhamni, M.Pd dari Universitas Negeri Malang, (3) Dr. Dewi Chamidah, M.Pd dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan (4) Retno Purnama Irawati, S.S., M.A dari Universitas Negeri Semarang. Mengingat peserta dari berbagai negara maka bahasa yang digunakan narasumber dalam seminar ini adalah bahasa Arab dan Inggris.

Dr. Irhamni, M.Pd menyampaikan materi dengan judul al-Daris wa Najahihi Ka Qadhiyyah Mu’ashirah li albahs al-Ilmi fi Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah. Dr. Dewi Chamidah, M.Pd menyampaikan materi dengan judul Qadhaya Mu’asyirah fi al-Bahts al-Ilmi ‘an Ta’lim al-Lughoh al-‘Arabiyyah. Retno Purnama Irawati, S.S., M.A menyampaikan materi dengan tema “Recent research on Covid 19 in language and linguistics”.

Negara peserta kegiatan ini terdiri atas Indonesia, Sri Lanka, Australia, Malaysia, Rusia, Irak, Mesir, Yordania, Saudi Arabia, Maroko, Aljazair, Iran, Nigeria, Suriah, Yaman, Bangladesh, Libya, Pakistan, India, Libanon, Mali, Kuwait,  Palestina, Tunisia, Sudan, Ghana, Burkina Faso dan Côte d’Ivoire (West Afrika). Tanggapan peserta terhadap kegiatan seminar ini sangat positif, mulai dari menu pra acara, pembukaan, penyampaian materi sampai sesi tanya jawab dan penutup. 

Para peserta berharap agar dalam waktu dekat Jurusan Sastra Arab menggelar kembali kegiatan serupa.  Hal itu juga diperkuat oleh hasil angket yang telah disebar kepada para peserta menjelang akhir kegiatan tersebut. 85,3% peserta menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat baik dan 14,7% menyatakan baik. 75,2% menyatakan bahwa tema kegiatan ini sangat menarik dan 24,8% menyatakan baik. 79% peserta menyatakan bahwa penyampaian pemateri sangat baik dan 21% menyatakan baik.

Kegiatan ini bisa juga disaksikan melalui youtube pada link: https://youtu.be/ifF4e5QkmZo 

Pewarta: Moh. Fauzan, M.Pd.I dan Abdul Basid, M.Th.I., Ph.D.