image_pdf

Malang. Saat ini dunia sedang memasuki Era disruptif, dan ini berimbas pada berbagai sektor, khususnya sektor perekonomian. Dalam bidang industri para pebisnis dituntut untuk bisa beradaptasi serta mengenali berbagai situasi saat ini yang memiliki banyak perubahan termasuk juga dalam segi teknologi. Jika suatu perusahaan tidak dapat menerima perubahan tersebut maka akan kalah dalam bersaing oleh perusahaan lain.

Era disrupsi merupakan fenomena ketika masyarakat menggeser aktivitas-aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata, ke dunia maya. Hal tersebut menyebabkan para pebisnis untuk mengembangkan strategi bisnisnya harus menjadi lebih inovatif dan harus tahu bagaimana strategi mengelola perubahan di Era disrupsi ini.

Seminar Nasional Manajemen dan Pendidikan Bisnis-2 (SNMPB-2) 2020 mengangkat tema “Mengelola Perubahan dan Transformasi di Era Disruptif”. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia baik dari akademi maupun praktisi dari berbagai instansi, diantaranya dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Universitas Negeri Padang, Universitas Ekasakti Padang, STIE Keuangan Perbankan dan Pembangunan (KBP) Padang, DPPKBP3A Pasaman Barat Padang, STIE Prabumulih Sumatera Selatan, STIE Persada Bunda Pekanbaru,

Selain itu juga dari STKIP Muhammadiyah Sampit Kalimantan Tengah, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Udayana Bali, Universitas Esa Unggul Jakarta, Institut Bisnis Nusantara Depok, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, SMA Negeri 2 Mranggen Demak, Universitas Kahuripan Kediri, Universitas Islam Darul `Ulum (UNISDA) Lamongan, Universitas Merdeka Malang, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Universitas Negeri Malang dan lain-lain. Harapannya kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan dan gambaran kepada peserta bagaimana strategi, dan kesiapan mengelola berbagai perubahan pada semua bidang di era disrupsi ini.

Peserta Mengikuti Seminar Melalui Aplikasi Zoom

SNMPB-2 ini diadakan oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, pada 08 September 2020, secara daring. SNMPB-2 diselenggarakan live melalui aplikasi zoom dan youtube Jurusan Manajemen FE-UM yang disiarkan langsung dari Labotarium Media Pembelajaran di Gedung E4 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Selain mengadakan seminar melalui media daring, SNMPB-2 juga mengadakan “call for papers” dengan tema terkait pendidikan dan pembelajaran bisnis, pendidikan dan pembelajaran ADP, pendidikan kewirausahaan, pendidikan karakter, e-learning, assessment, pengembangan kurikulum, pengembangan profesionalitas guru, kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen strategik. Peserta seminar yang mengirimkan makalah berjumlah lebih kurang 50 peserta dari berbagai Universitas. Makalah yang terpilih nantinya akan diakomodasi dalam prosiding SNMPB-2 yang terdaftar ISBN.

Tujuan SNMPB-2 ini untuk menyajikan pemahaman secara praktis dan teoritis tentang bagaimana mengelola suatu perubahan di Era disrupsi, berangkat dari tujuan ini maka, SNMPB-2 ini mengundang tiga pembicara yang berasal dari latar belakang praktisi maupun akademisi. Pembicara pertama dalam SNMPB-2 adalah Prof. Dr. Yasri, M.S. yang merupakan Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang. Prof. Yasri membahas secara konsep kondisi masyarakat dari sisi bisnis, Kesehatan dan politik dalam era disrupsi serta strategi apa yang harus diterapkan dalam menghadapi era disrupsi.

Pembicara kedua adalah Bapak M. Lutfi Sulaiman, beliau adalah HRD PT. Dumas Tanjung Shipyard Tanjung Perak Surabaya. Bapak M. Lutfi membahas tentang bagaimana suatu perusahaan khususnya PT. Dumas Tanjung Shipyard Tanjung Perak Surabaya dapat bertahan menghadapi suatu perubahan yang tidak menentu. Pembicara ketiga adalah Ibu Ruly Williandri, S.E, M.M, yang merupakan Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan Ph.D Candidate at LEAD Programme Leiden University Netherland. Bu Rully Williandri membahas tentang perbandingan perubahan yang dihadapi Indonesia dan Belanda ditinjau dari konsep keuangan.

Pembicara 1, Prof. Dr. Yasri, M.S. ( Ketua LP2M Universitas Negeri Padang)
Pembicara 2, M. Lutfi Sulaiman (HRD PT. Dumas Tanjung Shipyard Tanjung Perak)
Pembicara 3, Ruly Williandri, S.E, M.M. (Ph.D Candidate at LEAD Programme Leiden University Netherland)

Acara SNMPB-2 dibuka langsung oleh Bapak Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si., MBus, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Bertindak sebagai MC adalah Rayie Tariaranie Wiraguna, S.E., M.M. yang juga dosen jurusan manajemen.  Setelah sambutan dan pembukaan dari Wakil Dekan I, acara SNMPB-2 dilanjutkan dengan plenary session dari ketiga pembicara yang dipandu oleh Bapak Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si., selaku moderator.

MC dan Moderator SNMPB-2

Pada akhir acara plenary session peserta diberi kesempatan untuk bertanya, dan pengumuman best paper oleh MC serta penayangan video best paper yang sudah ditetapkan oleh ketua tim reviewer yaitu ibu Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M., dan best paper pada acara SNMPB-2 ini adalah Nita Kurniasari, S.Pd dari Pasca Sarjana magister manajemen Universitas Gadjah Mada dengan judul Paper “Transformasi Budaya Mutu Pendidikan Tinggi di Universitas Gadjah Mada periode tahun 2000-2019”. Ketua pelaksana Elfia Nora, S.E., M.Si. berharap semoga acara ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta terkait bagaiman menyiapkan diri dan adaptif menghadapi perubahan di era ketidakpastian.

Pengumuman Best Paper

Pewarta: Elfia Nora, S.E., M.Si