image_pdf
DR. ARQOM KUSWANJONO, M.Hum dalam penyampaian materi

Malang. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan Seminar Nasional Matakuliah Universiter (MKU) Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Hari Senin (11/11) di Aula Lantai 9 Graha Rektorat UM dan dimulai pukul 08.00 WIB. Seminar kali ini mengusung tema “Menuju Paradigma Baru Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0”. Narasumber utama dalam kegiatan seminar tersebut yaitu Dr, Arqom Kuswanjono, M,Hum Dekan Fakultas Filsafat dari Universitas Gajah Mada (UGM). Seminar tersebut diikuti oleh Mahasiswa UM yang sedang menempuh MKU dan guru dari Kota Malang.

PESERTA SEMINAR MATAKULIAH UNIVERSITER MKU

Sebagai narasumber utama, Dr, Arqom Kuswanjono, M,Hum menyampaikan bahwa mahasiswa di zaman revolusi 4.0 ini harus dihapkan dengan tantangan global sehingga membutuhkan kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Ketrampilan yang harus dikuasai antara lain literasi dasar, kemampuan kompetensi dan yang paling penting adalah kualitas karakter.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekertaris LP3 UM yaitu Dr. Hardika, M.Pd yang dalam penyambutan menjelaskan tentang Matakuliah Universiter.

PEMBERIAN CINDERA MATA DARI SEKERTARIS LP3 KEPADA NARASUMBER UTAMA

“Mahasiswa yang diundang dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa yang sedang menempuh MKU. Ada beberapa MKU yang ada di UM yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Ada matakuliah baru yang sedang berjalan yang itu Managemen Inovasi yang diharapkan menjadi satu matakuliah wajib dan unggulan di UM seiring dengan perubahan kurikulum UM yang berbasis kehidupan. Ada 3 Mata Kuliah lagi untuk mahasiswa kependidikan yaitu Perkembangan Peserta Didik, Pengantar Ilmu Kependidikan dan Belajar Pembelajaran.

FOTO BERSAMA PANITIA DENGAN NARASUMBER UTAMA

Lebih lanjut Sekertaris LP3 UM juga menjelaskan bahwa kehidupan saat ini berupaya mengkaitkan dan dikoneksikan dengan perubahan informasi serta teknologi atau yang dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0 dan semua itu juga mengubah pola serta karakter manusia saat ini.

Pewarta : Riki Pratama-Internship Humas UM