image_pdf
Peserta Webinar

Malang. Covid-19 membawa dampak pada beberapa aspek kehidupan salah satunya adalah pendidikan. Permasalahan yang muncul pada bidang ini adalah diberlakukannya proses belajar dan mengajar dari rumah secara daring. Geografi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki materi kajian lapangan. Sehingga diperlukan cara untuk menyelenggarakan pembelajaran lapangan tanpa melanggar protokol kesehatan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang (UM) menggadakan seminar online dengan mengangkat tema “Developing Geography Education on the Pandemic Covid-19 era : Lesson Learn Indonesia – Singapore”. Seminar yang disajikan dengan bahasa indonesia dan bahasa inggris ini dilaksanakan pada Rabu (22/07).

Assoc Prof Ivy Tan Geok Chin dari Humanities & Social Studies Education,
Nanyang Technological University, Singapura

Mengundang tiga pembicara profesional yakni Dr.rer.nat Nandi, S.Pd., M.T., M.Sc dosen pendidikan geografi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dr. Budi Handoyo, M.Si dosen pendidikan geografi UM, serta Assoc Prof Ivy Tan Geok Chin dari Humanities & Social Studies Education, Nanyang Technological University, Singapura.

Dr. Budi Handoyo, M.Si dosen pendidikan geografi UM

Prof. Sugeng Utaya selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menyatakan “Dengan adanya seminar ini diharapkan menjadi jalan keluar untuk menyelesaikan permasalah yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya geografi. Adanya pembicara ahli dari negara tetangga juga menjadi bahan menarik untuk mengetahui perbedaan cara mengajar khususnya pada mata pelajaran geografi antara Indonesia dan Singapura. Hasil diskusi yang didapatkan disini diharapkan menjadi bahan komparasi dan kombinasi yang baik agar dapat diterapkan saat mengajar.”

Dr.rer.nat Nandi, S.Pd., M.T., M.Sc dosen pendidikan geografi
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Materi yang disampaikan berisikan tentang teknik dan metode mengajar secara digital yang dapat digunakan sebagai acuan dalam mengajar. Selain itu juga ketiga pemateri menyampaikan bahwa diperlukan inovasi konten dalam setiap materi yang akan disampaikan.

Peserta Webinar

Hal ini dilakukan agar tidak menghilangkan esensi belajar dan menghasilkan pembelajaran secara daring yang berkualitas. Tak hanya dampak dari segi pendidikan, dalam webinar ini juga menjelaskan permasalahan lain yang muncul dari bidang lain seperti lingkungan dan sosial.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM