image_pdf
Amirul Ulum ,S.Sos.,M.IP menyampaikan materi

Malang. Seminar Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) bersama Bapak Taufiq Kurniawan ,SIP,M.IP serta pemateri kedua yaitu Bapak Amirul Ulum ,S.Sos.,M.IP selaku Ketua FPPTI Jawa Timur mengangkat tema “ Information Disclosure : Peran Informasi Dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045 “. Acara ini diselenggarakan pada 17 September 2019 di Aula A3 UM.

Era distrubsi adalah era dimana semua terjadi secara random dan tumpang tindih. Adanya gelombang informasi yang begitu dasyat membuat perpustakaan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang ada. Pada seminar kali ini bapak Taufiq selaku pemateri pertama memaparkan tentang Revitalisasi Peran Perpustakaan di Era Disrupsi yang menurut beliau sangat penting untuk dilakukan agar perpustakaan tidak kehilangan eksistensinya di masa yang akan datang.

Pemaparan Materi

“Revitalisasi perpustakaan yaitu bagaimana cara kita dapat menguatkan regulasi yang sudah ada serta menanamkan pandangan bahwa perpustakaan adalah pusat informasi. Masyarakat perlu mengetahui pentingnya budaya literasi baca untuk mewujudkan Indonesia emas 2045”.ujar Taufiq.

Pemaparan materi selanjutnya juga menitik beratkan pada tantangan serta peluang bagi perpustakaan untuk turut ikut andil menuju Indonesia emas 2045. “Era Keterbukaan Informasi : tantangan dan peluang” adalah tema yang Bapak Amirul paparkan. Perkembangan teknologi yang pesat  membuat kita terkoneksi dengan banyak orang,dimanapun dan kapanpun. Hal tersebut dapat menimbulkan dampak positif dan negatif sehingga perpustakaan sebagai lembaga resmi harus dapat melihat peluang yang ada untuk tetap mencari serta melayankan informasi yang berkualitas.

Pemberian Plakat UM kepada Pemateri

“Bersyukur sekali  seminar ini dapat diadakan lagi setiap tahunnya oleh HMJ Sastra Indonesia dan pada hari ini sudah memasuki ketiga kalinya diadakan acara yang sama. Adanya inovasi pada kegiatan hari ini membuat acara lebih unik dan menarik “. ujar Nanda. “Sebelumnya juga di adakan lomba karya ilmiah, video kreatif dan poster yang pesertanya dari mahasiswa sasindo sendiri dan umum”. lanjutnya.

Pewarta : Adinda Nur Melati Intership Humas UM